15 Metrik SaaS Utama Yang Harus Dipedulikan Setiap Bisnis

Diterbitkan: 2021-12-24

Jika Anda tidak membangun proses berbasis data dalam bisnis Anda, Anda akan kehilangan banyak uang dan membuang banyak waktu. Jika Anda memiliki proses berbasis data, data tetap tidak mendukung Anda untuk menunda data.

Sangat penting untuk memahami metrik Saas Anda dan menggunakan data sebagai alat atau pengembangan Saas. Namun, jika Anda tidak menggunakan data Saas dengan cara yang benar, Anda mungkin kehilangan peluang.

Dalam artikel ini, kami dengan senang hati memperkenalkan kepada Anda 15 Metrik Saas Utama yang Harus Diperhatikan oleh Setiap Bisnis .

Mari kita masuk ke detailnya sekarang!

Apa itu SaaS (perangkat lunak sebagai layanan?)

Software as a service (Saas) adalah metode pengiriman perangkat lunak yang memungkinkan akses ke data dari perangkat apa pun hanya dengan koneksi Internet dan browser web. Dalam model berbasis cloud, penyedia perangkat lunak menyimpan dan memelihara server, database, dan kode yang membuat aplikasi.

Model berbasis web ini sangat populer sehingga lebih dari 60% pencari perangkat lunak yang menyebut Saran Perangkat Lunak hanya menginginkan barang berbasis web - kurang dari 2% memerlukan perangkat lunak di tempat.

Apa yang membuat metrik SaaS begitu penting?

Kesuksesan SaaS adalah salah satu formula raksasa

Saas dianggap sebagai industri. Sangat bagus bahwa kesuksesan Saas berasal dari satu formula raksasa yang diikuti oleh setiap perusahaan langganan. Keberhasilan ini diprediksi dengan menumbuhkan produk yang luar biasa, mengamankan barang itu dalam beberapa cara melalui paywall, dan mempertahankan klien yang melewati paywall selama mungkin melalui penggunaan yang berkelanjutan.

Tentu saja cukup rumit untuk menerapkan formula itu, tetapi semua perubahan dan pengoptimalan produk bergantung pada pedoman itu. Akankah fitur meningkatkan nilai umur? Akankah proposisi nilai yang lebih besar menurunkan biaya akuisisi pelanggan? Mendefinisikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu dan mengulangi untuk mendorong metrik tersebut dengan cara yang benar adalah tentang Saas dan apa yang menyederhanakan ekonomi berlangganan untuk berkembang relatif terhadap vertikal lainnya. Dengan kata lain, setiap metrik menjadi titik tumpu yang membantu Anda mengambil keputusan.

"Jika Anda tidak dapat mengukurnya, Anda tidak dapat memperbaikinya"

Keputusan tersebut menjadi lebih sederhana karena tujuan meminta data yang tepat untuk menentukan kemajuan menuju kesuksesan atau kegagalan. Tidak menjalankan proses metrik formal atau melacak metrik Anda berarti Anda tidak tahu di mana Anda berada atau ke mana Anda akan pergi. Itu sudah jelas. Namun, banyak organisasi mencampuradukkan "penetapan tujuan dan pelacakan" dengan mencoba mengoptimalkan metrik yang salah atau mengoptimalkan dalam bentuk reaktif.

Mari kita ambil MRR sebagai contoh. Tampaknya menjadi ide bagus untuk fokus utama ketika menumbuhkan MRR setiap bulan, tetapi bagaimana jika MRR itu mengarah pada biaya akuisisi pelanggan yang tinggi? Anda harus memastikan bahwa Anda melacak metrik yang benar sambil mengetahui metrik lain mana yang dimasukkan ke dalam metrik tersebut. Di situlah Anda dapat menemukan kesuksesan atau kegagalan sejati. Selain itu, hal positif tentang ini adalah Anda mengatur tim Anda ke mana pun perusahaan harus pergi.

Jenis metrik SaaS

Metrik pertumbuhan SaaS

Metrik pertumbuhan dibuat untuk menganalisis motivasi bisnis Anda secara keseluruhan: kemampuan Anda untuk berkembang dan terus berkembang.

Saat menggabungkan aspek penjualan, pemasaran, dan kesuksesan klien, metrik ini akan dengan jelas menunjukkan kinerja Anda secara keseluruhan dalam beberapa angka (sehingga sering kali menjadi bagian penting dari ketekunan investor mana pun).

Mengetahui metrik Saas ini akan membantu Anda dalam:

Memahami bagaimana bisnis Anda berkembang dan di mana kinerja dapat ditingkatkan.

Membentuk dasbor metrik Saas sekilas untuk menjaga kesehatan organisasi Anda dan mengoptimalkan kinerja.

Menyampaikan nilai bisnis Anda yang sedang berkembang kepada investor masa depan.

Metrik pemasaran SaaS

Akuisisi pelanggan skala besar yang cepat adalah kondisi prioritas untuk pengembangan, dan metrik pemasaran ini - metrik Saas dibuat untuk membuat Anda memahami dan meningkatkan kemampuan Anda untuk menemukan pengunjung, prospek, dan klien baru.

Selain menawarkan wawasan tentang akuisisi pelanggan, metrik Saas ini juga membantu menentukan kualitas pelanggan potensial Anda. Di atas segalanya, penjualan dan pemasaran Saas tidak boleh ada dalam silo yang berbeda, dan pengunjung situs serta prospek akan menjadi tidak berarti jika mereka tidak dikonversi menjadi klien yang membayar.

Dengan kedua fungsi memainkan peran penting dalam mencapai pembangunan, penting untuk memilih metrik yang mencakup kedua kubu.

Metrik penjualan SaaS

Tidak peduli seberapa "lengket" atau "viral" aplikasi Anda, proses penjualan menjadi sangat penting dalam mempertahankan pengembangan bisnis Saas Anda.

Metrik penjualan Saas membantu Anda dalam menentukan segalanya, mulai dari efektivitas departemen penjualan hingga validitas model penetapan harga Anda. Selain itu, mereka akan memberikan wawasan yang diperlukan ke klien Anda dalam hal umur, keuntungan, dan nilai yang diharapkan.

Yang terpenting, ada lebih banyak hal untuk mengembangkan bisnis Saas daripada mencapai pelanggan: Anda harus memiliki jenis pelanggan yang benar.

Metrik keberhasilan pelanggan SaaS

Dapat dikatakan bahwa akuisisi pelanggan mungkin seperti segalanya dan segalanya untuk startup dengan pertumbuhan rendah. Namun, semakin besar Anda, semakin sulit untuk mempertahankan tingkat pengembangan yang sama.

Akuisisi pelanggan saja tidak cukup untuk mempertahankan perkembangan Anda, dan ketika Anda mulai mendapatkan daya tarik, penting bagi Anda untuk mengubah prioritas. Daripada terus terpaku pada kampanye penjualan dan pemasaran Anda, inilah saatnya untuk berkonsentrasi pada Keberhasilan Pelanggan: memperkuat pengembangan melalui retensi dan peningkatan klien Anda saat ini.

Metrik Saas ini dibuat untuk memahami perilaku pelanggan - bagaimana dan mengapa mereka bergabung dalam organisasi Anda - memungkinkan Anda meningkatkan nilai yang diberikan organisasi Anda kepada pelanggannya, dan akibatnya meningkatkan pendapatan Anda.

Metrik SaaS utama yang harus diperhatikan oleh semua perusahaan

Tingkat Churn Pelanggan

Jika tujuan Anda adalah untuk mengarahkan pelanggan, sangat penting untuk mempertahankan pelanggan Anda saat ini.

Tingkat churn pelanggan mengidentifikasi berapa banyak bisnis yang Anda rugi dalam periode waktu tertentu. Ini adalah salah satu metrik paling signifikan dalam melacak kesehatan harian bisnis Anda. Meskipun churn adalah kenyataan, Anda dapat menyelamatkan bisnis Anda dari bencana dengan melacaknya.

Churn dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang retensi pelanggan dengan memberikan wawasan spesifik tentang perilaku di tanggal atau periode waktu tertentu.

Karena sebagian besar bisnis Saas didasarkan pada langganan tahunan, mempertahankan pelanggan sama pentingnya dengan mendapatkan pelanggan baru. Saat melacak churn bulanan atau triwulanan, pastikan Anda menyelam lebih dalam dari sekadar jumlah pelanggan. Mengindikasikan persona dari klien yang churn ini dan industrinya dapat membantu memahami alasan mengapa mereka gagal untuk me-refresh. Akan berhati-hati untuk membicarakan informasi ini di seluruh departemen yang mencakup penjualan, pemasaran, dan kesuksesan pelanggan.

Potongan Pendapatan

Sangat penting untuk mengukur churn pendapatan dengan churn pelanggan untuk mengevaluasi efek luar yang mungkin dimiliki beberapa klien terhadap yang lain. Jika harga langganan berfluktuasi berdasarkan jumlah kursi atau pengguna yang dibayar pelanggan, tingkat churn pelanggan mungkin jauh lebih berbeda daripada tingkat churn jika beberapa klien menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada yang lain.

Pastikan Anda mengukur perputaran pelanggan dan pendapatan sehingga Anda tidak akan terkejut ketika Anda melaporkan secara bulanan atau triwulanan pada angka keseluruhan Anda.

Nilai Seumur Hidup Pelanggan

Nilai seumur hidup pelanggan (CLV) adalah berapa banyak uang rata-rata yang dibayarkan klien Anda selama keterlibatan mereka dengan organisasi Anda. Metrik menunjukkan deskripsi pengembangan Anda dan dapat dijelaskan dalam tiga langkah:

Identifikasi tingkat seumur hidup pelanggan Anda dengan membagi angka 1 dengan tingkat churn pelanggan Anda. Misalnya, jika tingkat churn Anda setiap bulan adalah 1%, pada saat itu umur pelanggan Anda akan menjadi 100 (1/0,01 = 100)

Identifikasi pendapatan rata-rata per akun (ARPA) Anda dengan membagi jumlah pendapatan dengan jumlah total klien (100). Jika pendapatan Anda adalah $200.000, ARPA Anda akan menjadi $2000 ($200,000/100 = $2.000).

Terakhir, identifikasi CLV Anda dengan mengalikan masa pakai pelanggan dengan ARPA. Pada saat itu, CLV Anda akan menjadi $200.000 ($2.000 x 100 = $200.000).

CLV menunjukkan nilai rata-rata pelanggan Anda. Untuk startup, dapat menunjukkan nilai bisnis Anda kepada investor. Seperti disebutkan sebelumnya, sebagian besar bisnis Saas memilih model berbasis langganan. Setiap pembaruan membawa satu tahun lagi pendapatan berulang, kemudian meningkatkan nilai seumur hidup per pelanggan sebagai hasilnya.

Biaya Akuisisi Pelanggan (CAC)

Biaya akuisisi pelanggan (CAC) menunjukkan jumlah uang yang tepat untuk mendapatkan pelanggan baru dan berapa banyak nilai yang mereka sumbangkan untuk bisnis Anda. Ketika digabungkan dengan CLV, metrik ini dapat memungkinkan perusahaan untuk memastikan bahwa model bisnis mereka dapat diterapkan.

Temukan CAC dengan membagi total pengeluaran penjualan dan pemasaran Anda (termasuk personel) dengan jumlah total klien baru yang Anda peroleh selama periode waktu tertentu. Misalnya, jika Anda membelanjakan $200.000 sebulan, dan Anda mendapatkan 100 klien baru, CAC Anda akan menjadi $2.000.

Perusahaan baru terutama harus berkonsentrasi pada akuisisi pelanggan. Tarif CAC yang terkuantifikasi sepenuhnya memungkinkan perusahaan untuk mengontrol perkembangan mereka dan secara tepat mengevaluasi nilai dari proses akuisisi mereka.

Rasio CLV-ke-CAC

CLV-ke-CAC menunjukkan nilai umur klien Anda dan volume total dari apa yang Anda belanjakan untuk mendapatkannya - dalam satu metrik. Metrik ini menunjukkan kesehatan rencana pemasaran Anda, sehingga Anda dapat fokus pada program yang efektif atau mengubah strategi yang tidak efektif.

Sangat mudah untuk menghitung CLV-ke-CAC Anda dengan membandingkan CLV dan CAC Anda. Secara umum, organisasi yang sehat harus memiliki CLV minimal tiga kali lebih tinggi dari CAC-nya. Lebih rendah dan Anda membuang banyak uang. Jika rasionya lebih tinggi dan Anda menghabiskan terlalu sedikit dan mungkin kehilangan bisnis.

Skor Keterlibatan Pelanggan

Skor keterlibatan pelanggan dapat menunjukkan kepada Anda seberapa terlibatnya pelanggan - berapa frekuensi mereka masuk, mengapa mereka menggunakan perangkat lunak Anda, dan metrik lain yang memberi tahu kemungkinan mereka akan atau tidak akan melakukan churn.

Seolah-olah mereka menggunakan perangkat lunak Anda hari demi hari, atau beberapa kali sehari, akan lebih sulit bagi mereka untuk memutuskan untuk mengakhiri langganan bagian dari rutinitas sehari-hari mereka. Apakah itu benar?

Skor keterlibatan pelanggan setiap perusahaan tidak akan sama. Ini didasarkan pada cara pengguna menggunakan perangkat lunak Anda. Untuk menemukan skor keterlibatan pelanggan Anda sendiri, buatlah daftar masukan yang meramalkan kebahagiaan dan umur panjang klien - dengan memulai dengan mencari pelanggan Anda yang paling bahagia dan bertahan lama. Apakah mereka masuk ke layanan hari demi hari? Apakah mereka memiliki tonggak penggunaan dalam periode waktu tertentu?

Bila Anda sudah memiliki daftar masukan dan penetapan nilai, dengan mengandalkan betapa pentingnya hal itu bagi loyalitas pelanggan, Anda dapat mengetahui skor keterlibatan secara menyeluruh untuk klien Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah mengukur kesehatan pelanggan dengan satu titik data.

Skor Kesehatan Pelanggan

Seperti skor keterlibatan pelanggan, organisasi Anda harus memiliki skor yang memungkinkan manajer kesuksesan pelanggan garis depan meramalkan kelanggengan pelanggan dalam hubungan dengan perusahaan Anda - dan jika itu berisiko.

Untuk membangun dan memelihara basis pelanggan, penting untuk menggunakan alat layanan pelanggan yang melibatkan analisis prediktif. Ini karena ketika pelanggan ingin menghapus langganan mereka, sudah terlambat. Jika Anda ingin mencegah pelanggan berputar, Anda harus menggunakan data untuk bekerja secara aktif untuk menghentikannya.

Oleh karena itu, penilaian kesehatan pelanggan, yang memberikan berbagai nilai pada berbagai sinyal loyalitas atau churn klien, memungkinkan staf Anda untuk memiliki gambaran umum tentang aktivitas pelanggan mereka. Oleh karena itu, mereka dapat menghubungi pelanggan yang mungkin melakukan churn dengan menggunakan sumber daya pendidikan dan bantuan tambahan.

Tingkat Lead-to-Pelanggan

Metrik ini menunjukkan cara Anda menciptakan calon pelanggan yang siap penjualan dan meningkat seiring waktu. Ini menampilkan jumlah rata-rata prospek yang menjadi klien yang membayar. Artinya, ini menunjukkan apakah proses penjualan dan rencana retensi prospek Anda efektif atau tidak.

Sangat mudah untuk mengukur tingkat lead-to-customer. Pilih jumlah total klien Anda untuk bulan tertentu, bagi dengan jumlah total prospek, lalu kalikan angka itu dengan 100. Misalnya, sepuluh klien dalam sebulan dengan 1.000 prospek akan menghasilkan tingkat prospek-ke-pelanggan 1% .

Salah satu cara yang paling cocok untuk mengumpulkan data ini adalah dengan menerapkan pelaporan loop tertutup. Saat Anda mengintegrasikan perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan dengan AVADA, setiap kali kesepakatan diperoleh, kontak tersebut disimpan sebagai pelanggan dalam laporan AVADA. Memahami bagaimana klien yang berbeda menutup, Anda akan memiliki data unik tentang strategi mana yang paling efektif dan menjadi aktivitas umum di semua klien. Plus, ini akan memudahkan untuk membangun program pemasaran baru sepanjang tahun.

Dipimpin oleh tingkat Siklus Hidup

Prospek tipikal adalah prospek yang mulai melakukan penelitiannya. Namun demikian, mengklasifikasikan prospek ke dalam subkategori akan menunjukkan dengan tepat langkah mereka dalam proses pembelian.

Prospek berkualifikasi pemasaran (MQL): Prospek yang telah melakukan penelitian ekstra, termasuk mengunduh ebook dan kembali ke situs Anda.

Prospek yang memenuhi syarat penjualan (SOL): Prospek yang telah melangkah melampaui tahap penelitian awal, kemungkinan besar sedang mengevaluasi penyedia. Orang ini layak untuk ditindaklanjuti penjualan langsung.

Proses penjualan atau produk Saas dapat berfluktuasi mulai dari beberapa hari hingga satu tahun. Memahami persyaratan kualifikasi prospek Anda (prospek, MQL, SQL) akan menunjukkan di mana prospek mungkin terjebak dalam corong. Karena penelitian sebagian besar dilakukan oleh calon pelanggan, keputusannya adalah untuk melangkah lebih jauh dan meminta demo atau uji coba gratis. Jadi pemasar harus menghitung prospek baik sebagai metrik keseluruhan dan setiap bulan per tahap siklus hidup. Itu memberi Anda wawasan yang baik tentang peluang retensi prospek dan menginstruksikan tindak lanjut penjualan dengan cara yang tepat.

Skor Promotor Bersih

Peringkat Net Promoter Score (NPS) menunjukkan kinerja bisnis Anda tergantung pada pandangan pelanggan. Sementara semua metrik lain yang kita bicarakan didasarkan pada tolok ukur internal, NPS menunjukkan posisi tepat Anda sebagai pencipta nilai di mata klien.

Dengan metrik ini, semua organisasi dapat mengklasifikasikan pelanggan mereka menjadi tiga kelompok - promotor, pasif, dan pencela. Anda dapat melakukan pembagian ini tergantung pada pertanyaan “Bagaimana mungkin mereka merekomendasikan Anda kepada seorang teman?” Mereka yang memberi Anda 9 atau 10 pada skala 0 hingga 10 akan menjadi promotor. Mereka yang memberi Anda skor 8 atau 7 akan menjadi pasif. 6 dan di bawahnya akan menjadi pencela.

Untuk mengetahui skor promotor bersih, Anda harus mengurangi persentase pencela dari persentase promotor. Anda tidak perlu peduli tentang pasif karena tanggapan mereka tidak jelas.

Skor promotor bersih Anda menunjukkan kesukaan produk Anda. Sejumlah orang mungkin merekomendasikan juga mengatakan bahwa Anda harus kurang fokus pada akuisisi karena Anda mungkin mendapatkan klien baru dari referensi.

Sangat penting untuk membuat beberapa pertanyaan bagi pelanggan untuk mendapatkan lebih banyak dari skor NPS Anda. Mungkin untuk bertanya kepada mereka mengapa mereka memberi Anda peringkat pada skala NPS. Anda juga dapat menanyai mereka untuk melihat apa yang mereka sukai dari produk Anda. Berkat umpan balik ini, Anda dapat memahami pro dan kontra dari produk Anda.

Untuk meningkatkan NPS, penting untuk mendorong umpan balik dari pelanggan. Rangsang pelanggan untuk menulis komentar positif tentang produk Anda. Jika KOL, misalnya, menggunakan produk Anda, minta dia untuk menulis ulasan di blognya dan membagikannya di media sosial.

Periode pengembalian

Payback period adalah periode dimana suatu organisasi dapat memulihkan investasinya di atas atau mencapai titik impas.

Ambil contoh. Jika perusahaan X membelanjakan $500.000 dan direncanakan menghasilkan $250.000 pada tahun pertama dan $350.000 pada tahun berikutnya, periode pengembalian akan menjadi sekitar satu setengah tahun kerangka waktu.

Periode pengembalian akan memberi Anda kesan pertama tentang jumlah risiko yang mungkin dihadapi organisasi.

Jika periode pengembaliannya pendek, perusahaan kemungkinan akan menjadi arus kas positif. Ini harus direncanakan dengan baik untuk mendapatkan kembali investasi secepat mungkin.

Pendapatan Berulang Bulanan

Pendapatan berulang bulanan (MRR) dapat dipahami sebagai pendapatan yang pasti diperoleh bisnis per bulan.

Untuk mengukur MRR, kalikan jumlah total pelanggan yang membayar dengan pendapatan rata-rata yang diperoleh per pelanggan. Untuk melacak kinerja Anda pada metrik, penting untuk mengklasifikasikan menjadi tiga sub-metrik - MRR Baru, MRR Ekspansi, dan MRR Churn.

MRR baru adalah pendapatan dari pengguna baru setiap bulan.

MRR Ekspansi adalah pendapatan saat pengguna meningkatkan ke paket dengan harga lebih tinggi.

Churn MRR adalah pendapatan yang Anda hilangkan saat pengguna membatalkan paket atau menurunkan versi ke paket dengan harga lebih rendah.

Pendapatan berulang bulanan penting karena semakin tinggi pendapatan Anda yang dapat diprediksi, semakin besar peluang Anda untuk beroperasi. Jadi MRR harus terus dikembangkan.

Ada banyak strategi cerdas untuk meningkatkan MRR Anda. Misalnya, Anda dapat memisahkan fitur produk Anda dan memberikan pembayaran di muka tahunan.

Tingkat Lari Tahunan

Annual run rate (ARR) adalah pendapatan yang pasti diperoleh bisnis setiap tahun. Untuk menghitung ARR, kalikan MRR dengan 12 (bulan), yang menghasilkan pendapatan tahun tersebut.

Dengan mengasumsikan bahwa tidak ada perubahan yang terjadi pada tahun berjalan, ARR memungkinkan bisnis untuk memprediksi pendapatan tahunan dan pendapatan untuk tahun-tahun berikutnya. Dapat dimanfaatkan untuk pengembangan jangka panjang karena bergantung pada laporan tahunan.

Menumbuhkan ARR sangat berguna untuk menunjukkan apakah bisnis Anda berjalan dengan baik atau tidak. Seiring pertumbuhan pendapatan berulang bulanan, itu akan menghasilkan peningkatan ARR.

Kunjungan unik, lalu lintas organik/berbayar, dan pengguna aktif

Kunjungan unik bulanan adalah jumlah kunjungan unik yang dicapai situs web Anda setiap bulan.

Di bagian analitik audiensnya, analitik Google akan menunjukkan kepada Anda pengunjung unik bulanan Anda. Jika seseorang mengunjungi situs Anda beberapa kali dalam sebulan tetapi menggunakan perangkat yang sama setiap kali berkunjung, itu akan dihitung sebagai satu pengunjung unik.

Metrik ini bertujuan untuk menunjukkan seberapa baik Anda mengarahkan lalu lintas di situs Anda. Pengunjung unik baru perlu mengembangkan jangkauan produk bisnis. Berapa banyak yang dapat Anda kembangkan dari kunjungan berulang. Anda perlu meningkatkan tampilan unik selama berbulan-bulan untuk mempertahankan perkembangan dalam pemasaran.

Untuk meningkatkan kunjungan unik bulanan, buat rencana pemasaran konten. Salah satu tipnya adalah memanfaatkan Lalu Lintas Serupa Facebook. Fitur ini memungkinkan Anda menjangkau pelanggan baru berdasarkan jenis pengguna yang ada.

Lalu lintas organik/Berbayar

Lalu lintas organik adalah pengguna yang mencari dan mengunjungi situs Anda melalui mesin pencari seperti Google atau Bing. Lalu lintas ini diperoleh melalui saluran yang tidak dibayar. Sementara itu, lalu lintas berbayar diperoleh melalui saluran berbayar - PPC, iklan media sosial, atau konten bersponsor.

Yang harus Anda lakukan adalah masuk ke Google Analytics Anda. Penting untuk mengklasifikasikan data pelanggan Anda berdasarkan jenis - baru, kembali, berulang.

Dengan wawasan yang jelas tentang bagaimana pengunjung Anda menelusuri, Anda dapat mengoptimalkan rencana akuisisi lalu lintas Anda. Jika Anda, misalnya, menghabiskan terlalu banyak untuk PPC dan menerima sedikit lalu lintas dari saluran berbayar ini, Anda dapat mengurangi pengeluaran dari sini. Namun, jika organik berkembang di situs Anda, Anda dapat lebih berkonsentrasi pada pemeliharaan konten yang selalu hijau agar hit tetap datang.

Anda dapat melakukan penelitian kata kunci yang kuat, tautan internal dan eksternal, konten yang selalu hijau untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik. Bekerja sesuai dengan peraturan Google terbaru tentang SEO adalah hal terpenting untuk tetap berada di puncak pencarian. Ingatlah untuk mempertimbangkan pencarian kata kunci panjang dan pendek yang dicari orang di Internet. Selain itu, beberapa saluran berbayar untuk Anda adalah kampanye Instagram dan Linkedin.

Kesimpulan

Kami baru saja memberi Anda daftar 15 Metrik Saas Utama yang Harus Diperhatikan Setiap Bisnis . Semoga Anda dapat menemukan beberapa metrik untuk mengembangkan bisnis Anda lebih lanjut di masa mendatang. Anda dapat meninggalkan pertanyaan di kotak komentar jika Anda mau. Kami sangat senang mendengar kabar dari Anda.

Semoga harimu menyenangkan! Terima kasih!

Anda Mungkin Juga Menyukai:

  • Penjualan SaaS - Seni Menjual Perangkat Lunak
  • Apa itu Sertifikat Penjualan Kembali? 10 Pertanyaan yang Selalu Ditanyakan Orang tentang Sertifikat Penjualan Kembali
  • Apa itu Penjualan Dalam? Cara Sukses dengan Penjualan Dalam