Panduan Komprehensif Untuk Menggunakan Google Adwords
Diterbitkan: 2021-12-241. Apa itu Google Adwords?
Google Adwords (atau Google Ads) adalah platform periklanan yang disediakan oleh Search Engine. Di sinilah pengiklan dapat menawar kata kunci agar iklan mereka ditampilkan di hasil pencarian Google. Kemudian, setiap kali iklan diklik, Google membebankan biaya kepada pengiklan. Metode periklanan ini disebut Pay Per Click (PPC) dan begitulah cara Google menghasilkan uang. Saya akan membahas bagaimana biaya ini dihitung di bab-bab selanjutnya.
2. Terminologi Google Adwords
Istilah Pencarian : istilah pencarian adalah kata atau frasa yang diketik pengguna ke dalam pencarian Google.
Kata kunci : kata kunci adalah kata atau frasa yang Anda siapkan dalam kampanye untuk menentukan di mana iklan Anda ditampilkan. Kata kunci tidak harus sama persis dengan istilah pencarian; satu kata kunci dapat ditampilkan ke banyak istilah pencarian berbeda yang terkait dengan kata kunci tersebut dengan penerapan jenis pencocokan kata kunci yang akan Anda pelajari di Bagian 5 .
Kata kunci bermerek : kata atau frasa yang menyertakan nama merek atau variasi dari nama merek. Misalnya: headphone Sony.
SERPs : Halaman hasil mesin pencari. Ini adalah halaman yang muncul ketika Anda mencari sesuatu di Google.
Peringkat iklan : ini adalah nilai yang digunakan Google untuk menentukan posisi iklan Anda di SERP. Nilai ini sebagian besar dihitung berdasarkan jumlah tawaran, skor kualitas, dan dampak yang diharapkan dari ekstensi. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang peringkat iklan di Bagian 4 .
Salinan iklan (teks iklan) : ini mengacu pada semua teks iklan di Google.
Klik : setiap kali iklan Anda diklik dihitung sebagai satu klik.
Tayangan : setiap kali iklan Anda ditampilkan pada halaman hasil pencarian dihitung sebagai satu tayangan.
CTR (Click-Through Rate) : Seberapa besar kemungkinan iklan Anda diklik. Metrik ini dihitung berdasarkan Klik/Tayangan. Misalnya, jika tayangan Anda adalah 100 dan klik adalah 10, RKT Anda adalah 10/100 yang sama dengan 10%. Ini berarti iklan Anda diklik setiap 10 kali ditampilkan.
CPC : Ini adalah singkatan dari Cost Per Click yang merupakan jumlah yang Anda bayarkan setiap kali iklan Anda diklik.
Google Keyword Planner : Ini adalah alat gratis yang disediakan oleh Google yang dapat digunakan pengiklan untuk menghasilkan ide kata kunci. Anda dapat mempelajari cara menggunakan GPK di Bagian 10.
Ekstensi Iklan : ini adalah informasi tambahan yang dapat ditambahkan ke salinan iklan Anda untuk memberi lebih banyak alasan kepada pencari untuk mengklik iklan Anda. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang mereka di Bagian 9, Langkah #5.
3. Bagaimana Anda tahu jika Google Adwords bekerja untuk bisnis Anda?
Google Adwords telah menjadi salah satu platform periklanan terbesar dalam dekade terakhir, dan jutaan pengiklan menampilkan produk mereka di platform ini.
Tapi itu tidak berarti Google Ads akan bekerja untuk bisnis Anda. Salah satu alasannya adalah, misalnya, produk Anda sangat baru dan tidak ada yang pernah mendengarnya. Dalam hal Google Ads, kecuali orang-orang menelusuri produk Anda, iklan Anda tidak akan muncul. Ini berarti jika tidak ada yang tahu tentang produk Anda, mereka tidak akan mencarinya, dan karena itu tidak ada gunanya menampilkan iklan Anda di Google. Ini bermuara pada perilaku konsumen.
Anda bisa memikirkan Uber. Ketika pertama kali keluar, tidak ada yang mengatakan bahwa saya akan mencari Uber di Google karena mereka bahkan tidak tahu konsep Uber, apalagi mereknya.
Jadi, mari kita langsung ke cara mengetahui apakah Google Ads dapat berfungsi untuk produk Anda.
3.1. Evaluasi potensi lalu lintas dengan melakukan riset kata kunci
Melakukan riset kata kunci adalah memasang daftar kata kunci potensial di Google Keyword Planner untuk mengetahui berapa banyak orang yang mencari produk Anda di Google. Dengan begitu Anda dapat mengetahui apakah layak untuk ikut serta dalam Iklan Google.
Mari kita coba "kursus desain online" di lokasi AS.
Metrik kunci untuk mengevaluasi kata kunci adalah volume yang merupakan jumlah orang yang mencari kata kunci khusus ini per bulan. Jika daftar kata kunci Anda memiliki volume tinggi, ini adalah indikator yang baik bahwa banyak orang mencari produk atau layanan Anda di Google.
Jika kata kunci Anda, di sisi lain, hanya memiliki satu hingga dua ratus pencarian sebulan, itu berarti produk Anda mungkin terlalu khusus untuk mengharapkan peningkatan penjualan yang cukup besar dari Google Ads.
Anda dapat melompat ke Bagian 7 artikel ini untuk mempelajari cara menggunakan Google Keyword Planner dan mencoba metode ini.
3.2. Apakah produk Anda sulit dijual tanpa gambar?
Meskipun ada produk yang bisa dijual tanpa dukungan citra, seperti kursus desain, ada produk lain yang sangat sulit dijual tanpa citra yang menarik (pakaian adalah contoh paling nyata).
Google bukanlah platform yang baik untuk kategori yang terakhir, karena tampilan iklan hanya berupa teks.
Jadi, jika produk Anda tidak dapat terjual tanpa citra, pertimbangkan untuk beriklan di Facebook atau Instagram. Anda dapat berkreasi dengan citra semampu Anda di kedua platform ini.
3.3. Lakukan riset pesaing:
Melakukan riset pesaing adalah mencari tahu apakah pesaing Anda beriklan di Google. Anda dapat melakukan ini dengan mencari kata kunci target Anda di Google dan melihat apakah ada pengiklan lain yang menawarnya. Jika ada, berarti pesaing Anda mengonversi penjualan dengan Google Ads, yang berarti orang-orang menelusuri produk Anda di Google, yang berarti sudah waktunya untuk ikut serta!
4. Bagaimana Peringkat Iklan Google Bekerja?
4.1. Apa itu Peringkat Iklan?
Peringkat iklan adalah posisi iklan Anda ditempatkan di hasil pencarian Google. Jika iklan Anda muncul di tempat kedua, peringkat iklan Anda adalah nomor dua.
Google menampilkan maksimal 4 iklan di bagian atas halaman hasil pencarian. Dan ada beberapa faktor yang menentukan peringkat iklan.
4.2. Faktor apa yang menentukan peringkat iklan?
Fungsi Google Ads pada dasarnya sama dengan cara lelang, yang berarti semakin baik bidder memenuhi kriteria yang diperlukan, semakin tinggi peringkatnya. Ini juga berarti peringkat iklan di SERP dapat berubah setiap kali pencarian dilakukan. Anda dapat muncul pertama dalam pencarian ini tetapi kedua di pencarian berikutnya, karena, dalam hitungan detik itu, pesaing Anda memutuskan untuk menaikkan tawaran mereka.
Berikut rumus Google untuk peringkat iklan (peringkat iklan dihitung sebagai skor):
Peringkat Iklan = Tawaran Maks * Angka Mutu * Dampak yang Diharapkan dari Ekstensi
Peringkat iklan tertinggi mendapat posisi pertama, tertinggi kedua mendapat posisi kedua, dan seterusnya.
+) Tawaran Maks
Tawaran Maksimum adalah jumlah uang maksimum yang bersedia Anda bayarkan kepada Google untuk sebuah klik pada iklan Anda. Ini disetel saat Anda membuat kampanye, dan hanya untuk menentukan peringkat iklan Anda.
Jumlah uang yang sebenarnya dikenakan Google untuk sebuah klik kurang dari tawaran maks Anda hampir sepanjang waktu. Jumlah ini disebut Biaya Per Klik aktual. Saya akan menjelaskannya di bagian 5.
+) Angka Mutu
Skor Kualitas adalah perkiraan skor yang diberikan Google pada iklan Anda. Ini dihitung pada skala 1-10 dan berdasarkan tiga faktor -
- relevansi teks iklan Anda
- keramahan pengguna halaman arahan Anda
- RKT yang diharapkan.
Semakin relevan teks iklan Anda bagi pengguna, semakin ramah pengguna halaman arahan Anda dan semakin tinggi RKT yang Anda harapkan, semakin tinggi skor kualitas yang akan Anda dapatkan. Skor kualitas yang lebih tinggi dapat menghasilkan BPK yang lebih rendah dan posisi iklan yang lebih baik. Berikut adalah bagaimana Anda dapat memeriksa skor kualitas Anda.
RKT yang diharapkan
RKT yang diharapkan adalah perkiraan Google tentang seberapa besar kemungkinan iklan Anda akan diklik. Google menghitung RKPT Anda dengan mempertimbangkan seberapa baik kinerja kata kunci Anda di masa lalu dan seberapa relevan teks iklan Anda dengan kata kunci tersebut.
Ada tiga tingkat CTR yang diharapkan yang bisa Anda dapatkan -
- Rata-rata dan di atas rata-rata: Selamat!
- Di bawah rata-rata: teks iklan Anda mungkin tidak relevan dengan kata kunci Anda. Anda harus mengevaluasi kembali teks iklan Anda dan memastikannya cocok dengan maksud di balik penelusuran kata kunci tersebut.
+) Dampak yang Diharapkan dari Ekstensi
Peran ekstensi dalam Peringkat Iklan adalah mendorong pengiklan untuk menggunakan dan mengoptimalkan ekstensi. Perlu dicatat oleh Google bahwa ekstensi penting bagi penggunanya karena memberikan informasi tambahan kepada calon pelanggan dan cara tambahan untuk mengambil tindakan (seperti klik untuk menelepon, klik untuk pesan, ekstensi lokasi, tautan situs ke laman yang lebih dalam, dll).
Menambahkan ekstensi membantu meningkatkan kualitas iklan dan RKT. Dengan mendorong penggunaan ekstensi, baik Google maupun pengiklan dapat memperoleh RKT yang lebih tinggi dan klik berbayar yang lebih banyak.
5. Tiga jenis kata kunci yang cocok
Jenis pencocokan kata kunci adalah batas yang dapat ditetapkan pada kata kunci Anda untuk memutuskan bagaimana iklan Anda dipicu. Bayangkan bahwa Google tidak menyediakan parameter ini dan Anda harus memasukkan setiap kata kunci yang ingin Anda gunakan, ini akan memakan waktu dan melelahkan. Namun, dengan jenis pencocokan kata kunci, Anda hanya perlu memasukkan satu kata kunci, dan berdasarkan mana Google akan menemukan kata kunci yang serupa untuk menampilkan iklan Anda. Ada tiga jenis pencocokan kata kunci: Pencocokan frasa, pencocokan tepat, dan pencocokan luas. Mari kita lompat ke masing-masing.
5.1. Pertandingan frasa
Jenis pencocokan frasa ditentukan oleh sepasang tanda kutip saat Anda menyiapkannya di kampanye. Misalnya, "ban mobil" .
Pencocokan frasa adalah semua kata kunci yang berisi kata kunci asli dalam urutan yang sama persis. Misalnya, jika kata kunci asli Anda adalah “ban mobil” dan Anda menerapkan pencocokan frasa, kata kunci pencocokan frasa “ban mobil” dapat menampilkan iklan Anda ke istilah penelusuran seperti “ban mobil penumpang”, “harga terendah ban mobil”, “ban mobil terbaik”.
Seperti yang Anda lihat, semua istilah pencarian ini memiliki kata kunci asli di dalamnya yang menambahkan kata tambahan sebelum atau sesudahnya. Jenis pencocokan ini akan memungkinkan Anda untuk menargetkan banyak kata kunci ekor panjang yang relevan dengan yang asli. Kata kunci ekor panjang ini seringkali sangat murah karena volume pencariannya yang rendah. Namun, volume pencarian 100-an dari mereka dapat dengan cepat menjadi masalah besar.
5.2. Benar-benar cocok
Jenis pencocokan tepat ditentukan oleh sepasang tanda kurung. Misalnya, [ban mobil] .
Yang ini bekerja persis seperti kedengarannya, pencocokan tepat hanya menargetkan kata kunci yang Anda gunakan. Ini adalah saat Anda ingin fokus hanya pada satu kata kunci tanpa memicu iklan Anda oleh kata kunci lainnya. Misalnya, jika Anda menerapkan pencocokan tepat ke [ban mobil], hanya kata kunci ini atau variasi yang sangat mirip yang akan dipicu, seperti “ban mobil” atau “ban mobil”; tidak ada kata tambahan yang ditambahkan.
Ya, mereka terlihat persis sama, itulah inti dari jenis pencocokan ini. Penargetan di sini sangat spesifik, yang merupakan pilihan bagus bila Anda memiliki kata kunci yang sangat menguntungkan dan Anda tidak ingin kata kunci lain mencuri lalu lintasnya.
5.3. Pencocokan Luas:
Pencocokan luas ditentukan oleh kata kunci yang berdiri sendiri; tidak ada lagi yang ditambahkan. Misalnya ban mobil .
Jenis pencocokan terakhir Google Adwords adalah pencocokan luas yang merupakan pencocokan default saat Anda mulai mengatur kampanye. Artinya jika ingin menggunakan pencocokan luas, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci, tetapi untuk pencocokan tepat dan pencocokan frasa, Anda perlu menambahkan sepasang tanda kurung atau tanda kutip.
Dengan jenis pencocokan ini, Anda akan memiliki rentang kata kunci terluas, mulai dari salah eja, sinonim, penelusuran terkait, dan varian mirip lainnya. Jika Anda ingin iklan Anda ditampilkan ke sebanyak mungkin istilah penelusuran, ini adalah opsi yang harus dipilih. Misalnya, jika Anda menerapkan pencocokan luas untuk ban mobil, iklan Anda akan dipicu oleh istilah penelusuran seperti “Ulasan ban terbaik”, “ban mobil terbaik”, “penggantian ban mobil”, “ban dan velg untuk penjualan”, “mobil ban”, “ban mobil, SUV, dan truk”, dan Anda dapat terus berjalan sepanjang hari.
Pada dasarnya, itu akan menjadi apa pun yang memiliki bagian dari kata kunci asli Anda di dalamnya, yang dapat dengan cepat menambahkan hingga ratusan kombinasi berbeda dari kata kunci asli Anda. Iklan Anda dalam hal ini akan menjangkau audiens seluas mungkin, tetapi juga akan memberi Anda banyak klik yang tidak relevan.
6. Komponen salinan iklan
6.1. berita utama
Judul adalah teks biru di bagian atas salinan iklan Anda, di sinilah pencari dapat mengklik untuk membuka halaman arahan Anda. Bagian dari salinan iklan Anda inilah yang menarik perhatian pencari, dan karena itu harus sangat relevan dengan istilah pencarian mereka.
Ini berarti jika seseorang menelusuri “headphone bluetooth”, iklan Anda yang muncul seharusnya adalah “headphone bluetooth”, bukan, misalnya, “headphone peredam bising”.
Headline dibuat dari 3 bagian yang disebut H1, H2 dan H3 dibagi dengan garis vertikal dari kiri ke kanan. H1 dan H2 selalu ditampilkan di iklan Anda jika Anda mengaturnya, H3 tidak selalu, tetapi tergantung pada seberapa relevan menurut Google dengan istilah penelusuran pengguna. Untuk setiap Hs, Anda memiliki 30 karakter; spasi disertakan.
6.2. URL
URL adalah teks hijau tepat di bawah judul Anda. Ini bukan tautan yang dapat diklik, tetapi hanya untuk tujuan tampilan; inilah mengapa ini juga disebut URL tayangan. Anda memiliki 15 karakter per garis miring untuk menulis sesuatu yang menarik, bermanfaat, atau paling mencolok tentang produk yang Anda iklankan. Anda dapat mempelajari cara memanfaatkan sepenuhnya baris kecil teks ini di sini.
6.3. Keterangan
Deskripsi adalah bagian teks 90 karakter tepat di bawah URL Anda. Di sinilah Anda dapat menunjukkan manfaat terbaik yang dapat diberikan oleh produk dan bisnis Anda kepada pengguna jika mereka membeli dari Anda, seperti garansi, kebijakan pengiriman, diskon, dll. Anda dapat mempelajari cara menulis deskripsi pembunuh untuk Anda salinan iklan di sini.
6.4. Ekstensi
Di bawah deskripsi Anda adalah ekstensi iklan. Ekstensi iklan adalah cuplikan informasi tambahan yang dapat disiapkan ke dalam salinan teks Anda. Ini termasuk tombol panggilan, informasi lokasi Anda, tautan ke halaman lain di situs web Anda, teks tambahan, dan sebagainya.
Meskipun gratis untuk menyiapkan ekstensi di iklan Anda, cuplikan ini dapat memberikan banyak manfaat seperti lebih banyak klik dan RKT yang lebih tinggi. Anda dapat membaca panduan lengkap tentang apa yang dapat dilakukan ekstensi untuk Anda dan cara menggunakannya di sini.
7. Dua taktik sederhana namun kuat untuk menulis salinan iklan yang bagus
Satu hal yang sangat ingin dimiliki setiap orang ketika mereka ingin mengembangkan bisnis online mereka adalah lalu lintas. Sebuah toko online tanpa lalu lintas seperti toko batu bata dan mortir tanpa pengunjung. Dan apa cara tercepat untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda? Periklanan. Beriklan di Google berarti mendapatkan klik sebanyak mungkin karena klik adalah pengunjung, dan untuk mencapai itu, Anda harus memastikan salinan iklan Anda menarik dan cukup persuasif untuk menarik klik. Berikut adalah empat taktik ampuh yang dapat Anda gunakan untuk menulis salinan iklan yang mematikan.
7.1. Gunakan judul untuk menunjukkan kepada pencari bagaimana Anda akan memecahkan masalah mereka
Menulis berita utama bagi kebanyakan orang mulai dan berhenti memasukkan kata kunci yang tepat. Lagi pula, kata kunci mewakili apa yang dicari pengguna, jadi itulah yang akan mereka baca terlebih dahulu. Masalahnya adalah pesaing Anda menggunakan kata kunci yang sama, dan ketika semua orang menampilkan kata kunci yang sama, tidak ada yang benar-benar menonjol.
Orang-orang mengklik iklan karena mereka pikir itu akan memberi mereka apa yang mereka inginkan atau membantu mereka memecahkan masalah mereka. Jadi, untuk menonjol di antara pesaing Anda dan menarik perhatian pencari, tajuk utama Anda harus sesuai dengan tujuan akhir mereka. Jadi, pikirkan tentang masalah apa yang coba dipecahkan oleh pencari, atau apa yang mereka harapkan, dan kemudian beri tahu mereka bahwa Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka tepat di tajuk utama Anda. Misalnya, berikut adalah beberapa iklan untuk kata kunci “jual buku” -
Iklan pertama menyatakan tujuan ini dengan jelas di tajuk utamanya: Jual Buku Anda Dengan Uang Tunai. Ini menarik perhatian pencari segera karena mereka melihat pengiklan ini dapat membantu mereka mencapai tujuan akhir mereka, yaitu mendapatkan uang tunai untuk buku mereka. Jadi, untuk membuat iklan Anda menonjol, tunjukkan kepada pencari bahwa Anda dapat menyelesaikan masalah mereka di judul Anda.
7.2. Manfaat, bukan fitur
Jika Anda menulis isi iklan Anda dengan menggambarkan fitur produk Anda atau betapa hebatnya merek Anda, itu akan membuang-buang waktu, karena jenis informasi ini tidak membuat orang tertarik. Orang-orang menjadi tertarik dengan mengetahui manfaat apa yang akan mereka dapatkan. Oleh karena itu, pastikan untuk memperjelas manfaat apa yang dapat Anda dan produk Anda hasilkan dalam deskripsi iklan Anda. (Kiat: ingatlah untuk menggunakan kata ganti “Anda” untuk membuat iklan Anda terdengar pribadi).
Ini iklan untuk asuransi hewan peliharaan -
Iklan pertama penuh manfaat -
- Dapatkan diskon 5%
- Potong biaya tanpa memotong cakupan
- Bekerja dengan dokter hewan berlisensi (kenyamanan)
Dibandingkan dengan iklan kedua yang agak kabur -
- Hemat besar (tapi berapa banyak?)
- Kunjungi hari ini (kunjungi situs web? Mengapa saya harus mengunjungi Anda sementara pesaing Anda memberikan manfaat yang lebih baik?)
- Asuransikan hewan peliharaan Anda hari ini (ya, itulah yang saya cari, tetapi mengapa saya memilih Anda?)
Anda mengerti maksudnya?
8. Bagaimana BPK aktual dihitung
Berikut adalah rumus Google untuk menghitung BPK -
BPK Anda akan selalu kurang dari atau sama dengan tawaran maks. Jika tawaran maks Anda lebih rendah dari tawaran minimum (yang merupakan jumlah terendah yang diterima untuk menampilkan iklan Anda), Google tidak akan menampilkan iklan Anda dan Anda harus meningkatkan tawaran Anda.
Selain itu, karena Google Adwords adalah lelang, bersaing untuk mendapatkan posisi berarti BPK Anda akan dipengaruhi oleh peringkat iklan Anda dan pesaing Anda, tawaran maks, dan skor kualitas.
Biarkan saya memecahkan ini untuk Anda. Katakanlah Anda adalah Pengiklan 1, dan tiga pengiklan lainnya bersaing untuk mendapatkan posisi tertinggi di SERP.
Tawaran maks, skor kualitas, dan peringkat iklan ditampilkan dalam tabel di bawah ini.
Untuk tampil di posisi pertama SERP -
- Dengan QS 10, Anda hanya perlu membayar $1,61 per klik.
- Dengan QS 4, Pengiklan 2 harus membayar $3,01
- Dengan QS 2, Pengiklan 3 harus membayar $4,01
- Dengan QS 1, Pengiklan 4 harus membayar lebih dari $4,01.
Seperti yang Anda lihat, semakin tinggi skor kualitas Anda, semakin rendah BPK yang harus Anda bayar. Contoh saya agak teoretis karena, pada kenyataannya, Google tidak akan menampilkan iklan dengan skor kualitas rendah dan rata-rata di atas SERP. QS Baik adalah 7 atau lebih tinggi, QS Buruk adalah 3 atau lebih rendah dan QS Rata-rata adalah 4, 5, atau 6. Ini berarti jika skor kualitas Anda kurang dari 7 Anda mungkin tidak akan mendapat kesempatan.
Ini masuk akal karena prioritas tertinggi Google adalah memberikan hasil yang paling akurat kepada penggunanya untuk informasi yang mereka cari. Skor kualitas tinggi berarti teks iklan relevan dan halaman arahan mudah dinavigasi, yang layak berada di atas.
9. Bagaimana cara meningkatkan skor kualitas Anda?
Anda dapat mengharapkan untuk menggandakan pengembalian Anda jika Anda memutuskan untuk ikut serta dalam Google Adwords. Tapi, tentu tidak akan semudah itu. Ada banyak hal yang terjadi di bawah setiap kampanye BPK, dan Anda harus memastikan bahwa faktor-faktor tersebut tepat sasaran sehingga kampanye Anda dapat hemat biaya. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan?
Jawabannya terletak pada memiliki skor kualitas yang baik. Seperti yang Anda lihat dari perhitungan di Bagian 5, jika skor kualitas Anda rendah, BPK Anda akan melalui atap untuk posisi yang seharusnya tidak terlalu mahal. Di sisi lain, skor kualitas tinggi akan memberi Anda ROI yang lebih tinggi. Seperti yang telah saya sebutkan di Bagian 4.2, skor kualitas ditentukan oleh tiga faktor:
- Relevansi Iklan
- Halaman arahan
- RKT yang diharapkan
Berikut adalah delapan langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan skor kualitas Anda -
Langkah #1: Siapkan kampanye Anda dengan grup iklan kecil
Google menyarankan agar Anda menggunakan 15-20 kata kunci per grup iklan. Namun, ini sering kali tidak berhasil, sebagai gantinya, Anda harus menyertakan hanya satu kata kunci di setiap grup iklan.
Bahkan jika Anda menjalankan akun besar, strategi kata kunci yang satu ini tetap harus diterapkan pada 80% kata kunci yang Anda harapkan untuk mendapatkan lalu lintas terbanyak. Mengapa?
Kunci untuk mencapai skor kualitas yang baik adalah Anda harus memastikan bahwa kata kunci, teks iklan, dan halaman arahan Anda saling terkait erat. Jika Anda memasukkan beberapa kata kunci dalam grup iklan, akan sulit untuk membuat salinan iklan umum yang sangat relevan untuk setiap kata kunci. Laman landas Anda juga mungkin tidak berisi semua kata kunci tersebut.
Sebaliknya, jika Anda hanya menggunakan satu kata kunci dalam grup iklan, akan lebih mudah bagi Anda untuk menulis teks iklan di sekitar kata kunci tersebut dan memastikan bahwa halaman arahan Anda menyediakan referensi yang memadai untuk kata kunci tersebut. Dengan cara ini Anda akan memiliki lebih banyak kontrol dalam mengelola skor kualitas Anda.
Dalam praktiknya, untuk setiap grup iklan kata kunci tunggal, gunakan ketiga jenis pencocokan (tepat, frasa, luas yang dimodifikasi) untuk kata kunci Anda. Misalnya, jika Anda menjual tur perjalanan ke China, sebaiknya Anda menyusun grup iklan seperti ini:
Grup iklan tur murah China :
[Tur murah Cina]
“Tur murah Cina”
+China + murah + wisata
Grup iklan tur mewah China :
[Tur mewah China]
“Tur mewah Cina”
+Tiongkok +mewah +tur
Grup iklan tur China untuk dua orang :
[Tur Cina untuk dua orang]
“Tur Cina untuk dua orang”
+China + wisata +untuk +dua +orang
Grup iklan tur China untuk empat orang
[Tur China untuk empat orang]
“Tur Cina untuk empat orang”
+Tur +China + untuk +empat orang
Keuntungan lain dari strategi kata kunci tunggal ini adalah Anda dapat menyesuaikan halaman arahan khusus untuk kata kunci dalam grup iklan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk membuat pengalaman pengguna yang jauh lebih relevan dan bertarget, yang juga akan meningkatkan skor kualitas Anda. Saya akan membahas bagaimana Anda dapat menyesuaikan halaman arahan Anda di Langkah #6.
Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang strategi kata kunci tunggal dan mengapa mereka hebat di sini. Baca dengan seksama, serius.
Langkah #2: Tambahkan kata kunci negatif
Kata kunci negatif adalah kata kunci yang Anda tidak ingin Google menampilkan iklan Anda. Ini berarti iklan Anda tidak akan ditampilkan kepada siapa pun yang menelusuri kata kunci di daftar negatif Anda. Ini agar iklan Anda tidak ditampilkan ke penelusuran yang tidak relevan.
Anda ingin, di tingkat kampanye, ke kata kunci negatif yang tidak Anda cari lalu lintasnya. Misalnya, mari kita kembali ke bisnis tur ke China, Anda ingin negatif kata kunci di bawah ini (asalkan Anda tidak menjual opsi ini).
- Tur khusus
- Tur yang dibuat khusus
- {apa pun jenis tur yang tidak Anda jual}
Meskipun tingkat kampanye akan menampung sebagian besar kata kunci Anda, kata kunci negatif juga diperlukan untuk tingkat grup iklan, terutama bila Anda menerapkan strategi kata kunci tunggal yang dibahas pada langkah sebelumnya. Strategi ini akan memberi Anda banyak grup iklan dengan kata kunci serupa yang saling tumpang tindih. Kata kunci negatif adalah satu-satunya cara untuk menghindari tumpang tindih ini.
Misalnya, grup iklan “Tur murah China” yang disebutkan di Langkah #1 akan mulai mengambil lalu lintas dari kata kunci “Tur mewah China”. Anda dapat menghilangkan masalah ini dengan negatif kata kunci berikut -
Grup iklan : Tur murah China
- Kemewahan
- Untuk dua orang
- Untuk empat orang
Grup iklan : Tur mewah China
- Murah
- Untuk dua orang
- Untuk empat orang
Grup iklan : Tur Cina untuk dua orang
- Murah
- Kemewahan
- Untuk empat orang
Grup iklan : Tur Cina untuk empat orang
- Murah
- Kemewahan
- Untuk dua orang
Kata kunci negatif, pada dasarnya, mencegah kata kunci berekor panjang Anda dibayangi oleh kata kunci berekor pendek yang lebih spesifik. Saat seseorang menelusuri “tur murah China”, dia akan cenderung mengeklik iklan yang secara khusus menyebutkan faktor “murah” daripada yang lainnya.
Langkah #3: Manfaatkan Iklan Teks Diperluas
Teks iklan Anda harus serelevan mungkin dengan kueri penelusuran pengguna jika Anda ingin meningkatkan angka mutu. Sasaran ini lebih mudah dicapai dengan strategi kata kunci tunggal karena Anda selalu dapat memastikan bahwa salinan iklan berisi kata kunci.
Namun, Anda dapat meningkatkan teks iklan Anda lebih jauh lagi dengan format iklan teks diperluas Google yang memberikan iklan Anda 50% lebih panjang dari sebelumnya. Ini berarti Anda tidak hanya akan memiliki ruang untuk memasukkan manfaat dan ajakan bertindak, Anda juga akan memiliki cukup ruang ekstra untuk kata kunci ekor panjang Anda.
Ini akan meningkatkan relevansi salinan iklan Anda, yang meningkatkan CTR yang diharapkan dan skor kualitas Anda secara keseluruhan.
Iklan teks diperluas memberi Anda 140 karakter lagi; ini adalah lompatan besar dari format 25-35-35 sebelumnya. Berikut cara menyiapkan iklan teks diperluas:
- Judul 1 : masukkan kata kunci Anda di sini.
- Judul 2 : masukkan manfaat/proposisi penjualan unik (USP) yang paling mencolok dari produk Anda di sini.
- URL Tampilan : masukkan kata kunci Anda di jalur URL, jika kata kunci Anda panjang, Anda dapat membaginya menjadi kedua bidang jalur. Jika tidak, jadikan satu bidang sebagai kata kunci Anda dan bidang lainnya sebagai ajakan bertindak.
- Deskripsi : Masukkan manfaat dan fitur tambahan Anda di sini. Anda juga dapat menambahkan ajakan bertindak atau kata kunci Anda.
Menetapkan iklan, misalnya, untuk grup iklan “Tur China Murah” kami akan terlihat seperti ini -
Harap perhatikan bahwa jika kata kunci Anda berisi merek dagang (seperti Iphone atau Sony), Anda tidak boleh memasukkan kata kunci ini ke dalam judul atau deskripsi Anda. Google, bagaimanapun, mengizinkan Anda untuk memasukkan jenis kata kunci ini ke dalam URL tayangan, yang merupakan sesuatu yang harus Anda manfaatkan. Jika Anda ingin memiliki merek dagang dalam teks iklan Anda tanpa melanggar persyaratan Google, ini adalah satu-satunya cara.
Langkah #4: Jika Anda menerapkan Penyisipan Kata Kunci Dinamis pada iklan Anda, hentikan.
Penyisipan Kata Kunci Dinamis (DKI) adalah fitur di Google Adwords yang memungkinkan iklan Anda secara otomatis disesuaikan dengan permintaan pencarian pencari. Ini berarti dengan penyisipan kata kunci dinamis, istilah penelusuran pengguna akan muncul sebagai bagian dari teks iklan Anda (sebagian besar judul Anda), yang membuat iklan Anda terlihat lebih relevan. Jika Anda belum pernah mendengarnya, Anda dapat membacanya di sini.
Anda mungkin menemukan apa yang akan saya katakan bertentangan dengan apa yang telah Anda dengar sebelumnya, tetapi DKI bukanlah semacam keajaiban untuk meningkatkan skor kualitas Anda. Pertama-tama, jika Anda akan menerapkan strategi kata kunci tunggal, itu akan menghilangkan kebutuhan untuk Penyisipan Kata Kunci Dinamis sejak awal.
Kedua, DKI dapat menyebabkan hasil yang tidak terduga. Jika kueri penelusuran pengguna berisi kesalahan ketik penelusuran, kesalahan ejaan ini juga akan muncul di teks iklan Anda. DKI juga dapat menyebabkan masalah pada kata kunci pencocokan luas Anda karena iklan Anda mungkin tidak relevan dengan kueri pengguna. Jika kueri penelusuran berisi merek dagang, Anda juga berada dalam masalah karena Google tidak mengizinkan merek dagang ke dalam teks iklan Anda.
Terakhir, kata kunci yang “dipaksa” yang dimasukkan ke dalam judul Anda kemungkinan tidak akan berkinerja sebaik judul yang dibuat dengan baik dan penuh emosi. Iklan teks diperluas memberi Anda ruang untuk membuat sesuatu yang membuat orang tertawa, menangis, berempati, atau apa pun yang membuat mereka ingin mengklik iklan Anda. Jadi, lupakan saja DKI, tetap dengan dasar-dasar copywriting yang hebat, lalu lanjutkan dan tulis sesuatu yang menggerakkan audiens Anda. Anda dapat menggunakan taktik yang dijelaskan di Bagian 7 untuk menulis salinan iklan Anda.
Langkah #5: Gunakan Ekstensi Iklan
Ekstensi iklan memainkan peran penting dalam angka kualitas. Mereka memberi pencari sedikit informasi tambahan tentang bisnis Anda, yang membantu mereka menemukan apa yang mereka cari lebih cepat. Alih-alih membuat penelusur menjelajahi situs Anda untuk mencari sepotong informasi (misalnya nomor telepon Anda), Anda dapat menjadikan informasi tersebut sebagai ekstensi yang muncul langsung di iklan Anda. Kedengarannya luar biasa bukan?
Memiliki informasi yang dibutuhkan mereka muncul di depan mereka akan meningkatkan peluang pencari mengklik iklan Anda. Ini berarti lapisan kenyamanan ekstra ini akan meningkatkan RKPT Anda, seperti yang dikatakan Google, “Beri pelanggan Anda lebih banyak alasan untuk mengklik”.
Berikut adalah ekstensi iklan yang dapat Anda siapkan untuk meningkatkan angka kualitas -
- Tautan Situs : ini adalah tautan ke laman landas lain di situs Anda yang menurut Anda mungkin diminati oleh para pencari. Misalnya, produk atau layanan yang Anda tawarkan, Ebook yang dapat diunduh, atau diskon khusus. Pastikan Anda membuat judul yang menarik untuk tautan ini guna menarik klik. Anda akan memiliki deskripsi dua baris untuk setiap tautan situs, jadi ingatlah untuk menggunakannya.
- Lokasi : Anda dapat menggunakan ekstensi ini untuk menampilkan alamat Anda tepat di bawah iklan Anda. Ekstensi ini adalah pilihan tepat untuk kampanye bertarget lokasi.
- Call : untuk memudahkan pengguna menelepon bisnis Anda, Anda dapat menggunakan ekstensi ini untuk menampilkan nomor telepon Anda langsung di iklan Anda. Pada perangkat seluler, fitur ini muncul sebagai tombol panggil, sehingga membuat panggilan menjadi lebih mudah.
- Call-out : call-out adalah baris teks tambahan yang dapat Anda tambahkan untuk menyoroti lebih banyak manfaat/penawaran bisnis Anda. Mereka tidak dapat diklik tetapi memberikan informasi tambahan.
- Cuplikan terstruktur : ekstensi ini memungkinkan Anda menambahkan informasi tambahan tentang produk atau layanan Anda berdasarkan daftar kategori yang disediakan Google. Misalnya, Anda dapat memilih "Layanan" dari daftar itu dan menyiapkan cuplikan terstruktur dari layanan yang Anda sediakan.
- Harga : ekstensi ini untuk menampilkan harga produk/layanan Anda. Meskipun hanya terlihat di perangkat seluler, ini bisa berguna jika Anda menjalankan program diskon.
- Peringkat Penjual : Jika Anda diberi peringkat bagus oleh sumber pihak tepercaya (seperti Yelp), Anda dapat menautkan peringkat dari situs mereka ke iklan Anda. Setelah Anda mengatur ini, peringkat bintang visual akan ditampilkan dalam teks iklan Anda, yang pasti akan menarik banyak perhatian.
Langkah #6: Buat konten halaman arahan yang relevan
Konten halaman arahan Anda juga memainkan peran penting dalam penghitungan skor kualitas Anda oleh Google. Semakin dekat konten halaman arahan Anda dengan salinan iklan Anda, semakin tinggi skor kualitas yang akan Anda dapatkan. Ini masuk akal karena Google pasti ingin agar pengguna mereka menemukan apa yang mereka cari setelah mengklik iklan yang mereka anggap relevan.
Pastikan kata kunci Anda ada di judul, deskripsi meta, dan kata kunci meta di halaman arahan Anda. Anda juga perlu mengintegrasikan kata kunci ke dalam konten Anda; tajuk utama dan subjudul Anda secara khusus.
Jika Anda akan menerapkan strategi kata kunci tunggal yang dibahas sebelumnya, Anda dapat menggunakan halaman arahan khusus untuk setiap grup iklan Anda. Strategi ini menciptakan kecocokan yang tepat antara kata kunci, teks iklan, dan halaman arahan Anda. Anda tidak hanya akan melihat peningkatan skor kualitas Anda, tetapi juga akan memberikan dorongan yang signifikan untuk tingkat konversi Anda.
Tampaknya sangat tidak realistis untuk membuat halaman arahan khusus untuk setiap grup iklan yang Anda miliki. Bagaimana jika Anda memiliki seperti bazillion kata kunci, yang sama dengan bazillion grup iklan menggunakan strategi kata kunci tunggal? Itu akan membuat kampanye Anda sebagai pengujian dan pemeliharaan A/B juga menjadi mimpi buruk.
Jangan panik, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan penyisipan kata kunci dinamis. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil teks apa pun di halaman arahan dan menukarnya dengan teks lain yang Anda atur di parameter URL terkait.
Ini berarti, dengan penyisipan kata kunci dinamis, Anda hanya dapat membuat satu halaman arahan di sekitar produk/layanan Anda; beberapa tempat strategis dari halaman arahan Anda seperti judul dan ajakan bertindak akan secara otomatis disesuaikan agar sesuai dengan kata kunci yang pengguna googling. Teknik ini akan memungkinkan Anda untuk mempertahankan relevansi tinggi antara pengalaman pengguna dan pencarian mereka. Kedengarannya seperti rencana untuk meningkatkan skor kualitas dan tingkat konversi Anda, bukan? ;)
Langkah #7: Optimalkan pengalaman pengguna halaman arahan Anda
Semakin ramah pengguna halaman arahan Anda, semakin tinggi skor kualitas Anda dan oleh karena itu, Anda perlu berinvestasi dalam mengoptimalkan halaman arahan Anda. Pastikan itu memuat dengan cepat, memiliki visualitas yang menarik, dan pengalaman pengguna yang luar biasa.
Bayangkan diri Anda menghabiskan semua waktu itu untuk membuat konten yang luar biasa dan mengatur kampanye AdWords Anda hanya agar pencari terpental saat mereka melihat sekilas halaman arahan Anda yang tidak menarik dan tidak nyaman. Itu tidak hanya berarti Anda akan kehilangan konversi, tetapi rasio pentalan Anda akan meroket, yang pada gilirannya akan merusak skor kualitas Anda. Anda juga harus memperhatikan beberapa elemen lain yang penting bagi keseluruhan pengalaman laman landas Anda.
- Penawaran di halaman arahan Anda dan yang ditampilkan di iklan Anda harus sama (Ini bukan masalah kan?)
- The information about your business needs to be clearly shown so that you can establish trust with visitors.
- People live in their phones these days, so you should make sure that your landing page is responsive, which means it needs to work well on both PC and mobile devices. If you have seen websites that are not responsive, they're really annoying.
Step #8: Use branded keywords
If you're using branded terms, you should already know that this type of keywords consistently land in the quality score range of seven to ten. Wondering why? There are a couple of factors in play.
As your brand name is present across your entire content on your website, branded keywords certainly create a strong match between your ad copies and landing pages. Also, if someone searches for your brand term on Google, they already know you and are likely to already be highly interested in purchasing your product/service. That means they will click on your ad, and probably convert, which boost both your overall quality score and conversions too.
You might find yourself saying, “what's the point of branded-term ads when your business will show up organically at the top anyway?” That's right, but your ad in this case will act like a marketing message; the money you pour into your ad implies that you're doing serious business. Ads also allow you to use extensions to show links for new products, promotions or other details searchers might need (see Step #5 of this section).
One last important point when it comes to branded keywords is if competition is fierce in your market segment, your competitor might be bidding on your brand keywords and will appear in the SERP when your brand is searched. If you're not in that ads area, that might lead to searchers clicking on your competitor's paid link instead of your organic link.
10. Google Adwords Planner
Your success with Google Ads is heavily dependent on targeting the right keywords. Wrong keywords will lead you to target the wrong audience; in other words, your ads are not relevant to the search terms that the audience is looking for. This means the clicks you get are going to be much less likely to convert, which will potentially lead you to throw your money out of the window.
10.1. What is Google Adwords Planner?
Google's keyword planner is a free tool provided by the search engine that can help you plan out keywords for your Adwords campaigns.
When you input keywords into this tool, you will be provided with a list of keywords that are related to your original keyword, along with data about them such as search volume, competition level, estimated CPC, and more.
10.2. How to use Google Adwords Planner
Although it's free to use Google Adwords Planner, you need to have a Google Ads account in order to use it. You don't have an Adwords account yet, it just takes a few minutes to create one.
Once you have set up an account, you can follow below steps to start using Google Adwords Planner.
Step 1 : Go to this link to get to the dashboard of your account.
Step 2 : Click on the wrench icon at the top right corner.
A drop-down will show up and under the Planning column; click on Keyword Planner .
Here you're going to be presented with two options.
- Discover new keywords : this one provides you with keyword suggestions that you can use to plan out your campaign keywords. These suggestions are real data from Google, which means they are terms that Google users are actually searching for.
- Get search volume and forecasts : this option will provide you with historical search volume and some other metrics for your keyword, along with forecasts for how they might perform in the future.
Let's go ahead with the first option as it helps your plan out keywords for any campaign that you're going to run.
Step 3 : Click on Discover New Keywords and this table will show up.
Enter the keyword you want to discover in the search, and click on Get Results . You can input as many keywords as you want to. I'm going to go for “leather boots” for this example.
Step 4 : Filter the result.
This is the result that I've got.
(You need to remember to set the location and language to the place where you're going to run your campaign.)
The keyword you provided section is your original keyword, and the keyword ideas section is related keywords. To get the best possible results out of your campaign, you need to analyze the list, and then select out of it the keywords that are most relevant to your audience and the campaign that you're going to run. And while you're at it, write down in your notebook every keyword that you find potential so that you won't forget any of them.
Google provides you with a set of filters to make this task easier. You can filter by broad match, phrase match and exact match by ticking the box next to Keyword (by relevance) and the filter will show up.
For example, you can filter by phrase match if you only want to see results with the original phrase “leather boots” instead of broad terms such as “waterproof boots”.
There is another intuitive filter that you can apply.
+) Competition
This option will show you keywords with either “low”, “medium” or “high” competition. Many people get confused by this feature as they think this is for SEO too. Keep in mind that the Google Keyword Planner is built 100% for Google Ads, not SEO. This means the competition score here refers to Adwords competition only (not to Google's organic search competition). So I'd recommend leaving this blank.
When you input a keyword, hundreds to thousands of results will show up and going through all of them will be exhausting. By making use of these two filters you will save you a lot of time. Once you have all your keywords ready, you can get back to Section 8 and use the single keyword strategy to create your ad groups.
+) Ad Impression share
Ad impression share is the ratio between the number of impressions you have actually got and the expected number of impressions you could receive. This metric relies on your historical data of a keyword; this means if you have not run any campaign on the keyword before, the ad impression share box will be blank.
+) Ad impression share
This is how much that keyword is expected to cost you to land at the top of the page. There are two options: high range and low range. For this feature to work, you need to connect your Google Search Console Account to Google Adwords.
+) Organic Impression Share
This is where you would rank (on average) for each keyword in the organic search result of Google. You will need to connect to GSC for this to work too.
Step 5 : Analyze the result.
After you have filtered the original list down to keywords that are potential for your business. Let's break down what each of the terms in this section tells you.
+) Keyword (by relevance) : These are the keywords that Google considers most relevant to your input keyword.
+) Average monthly searches : This column is self-explanatory. However, take note that this is a range, not an exact (or even rough) search volume. I'll show you how to get more accurate search volume in the next section.
Caution : you should be watchful for seasonal keywords. This is because seasonal keywords (such as Halloween costumes) can get 50,000 searches in October and 100 searches in May. But the Keyword Planner may say that the term gets “10,000 searches per month”, which is misleading.
+) Competition : This is how competitive the keyword is, which indicates the number of advertisers that are bidding on that keyword.
Step 6 : Pick the right keywords for your campaign
In order to pick the right keywords, you need to keep one crucial factor in mind: user intent .
What piece of information is the user looking for? The piece of information they are expecting to get represents the stage of the buying journey they are in.
A user's search will vary based on where they are on the buying funnel. For example, if someone is looking to buy a pair of leather boots, but don't know much about what types of leather boots there are, they may search for “best types of leather boots for men”. When they get down the funnel (closer to buying), their search will become more specific; it may be “chelsea leather boots”, “chelsea leather boots shop near me”, or “suede chelsea boots” provided that this person become interested in chelsea boots after having done his research.
Buyer intent is the deciding factor to successful ads, so keep it in mind while you're deciding your keywords.
10.3. How to know whether a keyword can be profitable:
This is going to get some math involved, but don't worry, it's fourth grade math. CPCs vary based on keywords, which means keywords don't cost the same. The rule of thumb is the more advertisers are bidding on a keyword, the higher that keyword is going to cost (supply - demand). There are keywords on which if you run your campaign, there's no chance of making a profit.
The question that you're going to need to answer for each keyword in your list is “Can it be profitable to advertise on this keyword?”. To tackle this you'll need to figure out the maximum CPC that you're willing to pay. Then, you'll need to compare your max CPC against the estimated CPCs in the Google Keyword Planner to see which keywords can be in your list. For example, if your max CPC is $4, and the estimated CPC is $3, that means you have a good chance to profitable on that keyword.
Your max CPC can be calculated based on your website conversion rate, your profit per customer and your advertising profit margin (Advertising profit margin is how much you make for every dollar you spend on advertising; for example, if you spend $1 on advertising and expect to make 30 cents out of it, your advertising profit margin is 30$).
If you don't have these metrics yet, you'll just have to use estimations for your first campaigns, and then set up tracking to get more precise numbers. This is the fourth grade math that you need to do.
Max CPC = profit per customer x (1 - advertising profit margin) x website conversion rate .
Let's say your profit per customer is $300, you're cool with the margin of 30%, and for every 1000 website visitors, 10 of them convert (conversion rate = 1%).
Max CPC = 300 x (1 - 30%) x 1% = $2.1
Here's how this formula works.
At the CPC of $2.1, you pay a total of $2,100 to get 1,000 clicks. 10 of them convert, so you make a revenue of $300 x 10 = $3,000.
You spent $2,100 and got $3,000, so the profit is $900.
Your profit/spending is 900/3000 = 0.3 = 30% which is your expected advertising profit margin.
Ledakan!
Also, keep in mind that your max CPC must not be lower than the range of estimated CPCs in the GPK. If your max CPC is $5 but the lowest estimated CPC is $10, the only thing you can do is increase your profit per customer or find ways to increase your conversion rate (or both), otherwise it won't be profitable to advertise on Google Adwords.
10.4. How to make the most out of Google Keyword Planners:
Tip #1: Get accurate search data for your keyword
After you type in your keyword, the search volume Google will show you is just a range as mentioned in the previous section; it won't show you accurate data unless you're running an active adwords campaign. However, you can still get exact search volume out of the tool without a running ad, here's the trick -
First, pick a keyword out of the suggestion list that you want to target, select Add to plan and click on ADD KEYWORDS .
Then, go to Plan Overview .
And see how many impressions you would get if you bid on that keyword -
This number is the number of users search for this keyword per month. And you've got an accurate search volume for your keyword, nice? ;)
Tip #2: The Google Keyword Planner Hack
Selama tahap penelitian kata kunci, Anda ingin membuat kata kunci sebanyak mungkin sehingga Anda dapat memiliki banyak opsi untuk menganalisis dan memilih yang terbaik. Namun, Anda mungkin menemukan diri Anda terjebak karena Anda kehabisan kata kunci untuk dimasukkan ke dalam Perencana Kata Kunci Google. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala ini? Lihatlah pesaing Anda! Begini caranya. Pertama, buka bagian Temukan Kata Kunci Baru di Perencana Kata Kunci Google.
Kemudian, alih-alih memulai dengan kata kunci, mulailah dengan situs web. Setelah itu, Anda perlu mencari tahu siapa pengiklan terbesar di bidang Anda di Google Adwords, mengambil URL situs web mereka, dan menempelkannya ke area pencarian (tentu saja satu per satu). Berikut adalah situs web untuk "sepatu bot kulit".
Anda harus sangat spesifik di sini. Maksud saya, jangan gunakan halaman beranda untuk penelitian ini, jika tidak, Anda harus berenang di lautan kata kunci yang tidak relevan (coba dapatkan hasil hanya untuk www.dsw.com dan Anda akan mengerti apa yang saya katakan). Tautan yang saya masukkan ke area pencarian adalah halaman arahan khusus untuk sepatu chelsea karena saya mencoba mendapatkan lebih banyak ide untuk segmen ini. Dan inilah yang saya dapatkan -
Daftar ini tidak berakhir di sana FYI, dan kata kunci yang dihasilkan sangat relevan, sehingga Anda akan membutuhkan lebih sedikit waktu untuk menganalisisnya. Cepat, tulis di catatanmu! Tidak perlu lagi membenturkan kepala ke dinding untuk ide kata kunci!
11. Bagaimana cara menganalisis Google Ads dengan sukses:
Agar berhasil mengelola kampanye Google Adwords Anda, salah satu tugas penting yang harus dipenuhi adalah memantau dan menganalisis kinerja iklan Anda secara konsisten. Itu memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan untuk hasil terbaik. Menganalisis kampanye Google Ads Anda mungkin terasa berlebihan, tetapi jangan panik, perlu waktu untuk mempelajarinya tetapi Anda akan dapat memahami analisis dengan sedikit kesabaran.
Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya; dari memasang pelacakan konversi hingga mengevaluasi kinerja iklan Anda berdasarkan metrik yang berbeda. Kemudian Anda akan melihat bahwa analisis menyeluruh dapat sangat membantu meningkatkan upaya pemasaran online Anda, apa pun ukuran bisnis Anda. Mari kita melompat ke dalamnya!
11.1. Siapkan dan pantau pelacakan konversi:
+) Siapkan pelacakan konversi
Seorang pelanggan berkonversi ketika mereka menyelesaikan tindakan yang Anda inginkan. Pelacakan konversi iklan Google akan memungkinkan Anda mengetahui seberapa efektif iklan Anda berkonversi, yaitu berapa banyak konversi yang Anda peroleh dari jumlah klik yang Anda dapatkan. Konversi bervariasi; mereka dapat berupa pembelian situs web, keikutsertaan buletin, unduhan aplikasi, atau panggilan telepon. Dan proses penyiapan bervariasi berdasarkan sumber konversi Anda, dari mana asalnya. Inilah yang saya maksud -
- Situs web : Jika Anda ingin melacak kapan pengunjung menyelesaikan tindakan yang diinginkan di situs web Anda, ini adalah cara yang Anda perlukan untuk melakukan penyiapan. Tindakan tersebut dapat berupa apa saja yang Anda ingin pengunjung Anda lakukan seperti melakukan pembelian, memilih untuk menerima buletin Anda, mengklik tombol, dan sebagainya.
- Aplikasi : jika Anda ingin melacak saat pengunjung memasang aplikasi Anda (jika Anda memilikinya) atau menyelesaikan tindakan dalam aplikasi, ini cara menyiapkan pelacakan.
- Telepon : opsi ini memungkinkan Anda melacak panggilan dari iklan Anda, panggilan ke nomor telepon di situs Anda, dan klik nomor telepon di situs web seluler. Berikut cara mengaturnya.
Anda juga dapat menyiapkan dan melacak beberapa konversi dari daftar ini. Misalnya, Anda dapat menyiapkan satu konversi untuk melacak pembelian di halaman web Anda, dan konversi lain untuk melacak panggilan dari iklan Anda.
+) Pantau konversi
Anda dapat mengetahui berapa banyak konversi yang Anda peroleh dengan melihat kolom konversi di dasbor kampanye Anda. Anda juga dapat menyesuaikan cara data konversi dilacak dengan dua opsi setelan: “Sertakan dalam konversi” & “Model atribusi”.
Selain itu, Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut dari kolom terkait lainnya seperti Biaya Per Konversi, Rasio Konversi, Nilai Konversi Total, Nilai Konversi Per Biaya, Nilai Konversi Per Klik, dan Nilai Per Konversi.
Tidak tahu apa yang saya bicarakan? Baiklah berikut penjelasan lengkap dari Google. TERTAWA TERBAHAK-BAHAK
11.2. Ukur ROI Iklan Anda (Pengembalian Investasi):
Salah satu metrik terpenting yang harus dipantau oleh setiap pengiklan AdWords dengan cermat dan konsisten adalah ROI iklan (Pengembalian Investasi). Apa pun tujuan Anda (meningkatkan penjualan, menghasilkan prospek, dll.), mengukur ROI iklan memungkinkan Anda mengetahui rasio laba bersih terhadap biaya iklan; dengan kata lain, Anda dapat melacak berapa banyak uang yang Anda hasilkan dan melihat apakah tujuan keuntungan Anda tercapai.
Perlu diingat bahwa untuk menghitung ROI iklan Anda di Google Ads, Anda harus menyiapkan untuk mengukur konversi Anda terlebih dahulu. Aturan praktisnya adalah keuntungan yang dihasilkan setiap konversi kepada Anda harus lebih besar daripada total biaya iklan yang Anda bayarkan untuk mendapatkannya.
Rumus ROI adalah: ROI Iklan = (Pendapatan - HPP)/HPP
- Pendapatan adalah berapa banyak yang Anda peroleh dari konversi.
- COGS (Cost of Goods Sold) adalah jumlah yang Anda belanjakan untuk iklan untuk mendapatkan konversi tersebut.
11.3. Analisis laporan istilah penelusuran Anda:
Google Ads memberi Anda laporan istilah penelusuran yang berisi daftar istilah penelusuran yang telah digunakan orang, dan ke mana iklan Anda ditampilkan dan diklik. Istilah pencarian dalam daftar ini mungkin berbeda dari kata kunci Anda karena jenis pencocokan kata kunci Anda.
Selain itu, Google menganalisis hubungan antara istilah penelusuran yang memicu iklan Anda dan kata kunci yang sebenarnya di daftar Anda, dan dalam laporan penelusuran, ini memberi tahu Anda seberapa dekat keterkaitan kedua grup ini. Ini bisa sangat membantu karena jika Anda tahu opsi pencocokan mana yang berfungsi dengan baik untuk istilah dan kata kunci penelusuran mana, Anda dapat menyesuaikan jenis pencocokan untuk semua kata kunci dan hanya mengizinkan penelusuran yang tepat untuk memicu iklan Anda, yang akan membantu mengoptimalkan pengeluaran iklan Anda. . Google memang memberikan penjelasan menyeluruh tentang laporan istilah pencarian, Anda dapat mengaksesnya di sini dan di sini adalah bagaimana Anda dapat memiliki akses ke laporan istilah pencarian di akun Google.
Berikut ini beberapa kiat tentang cara menggunakan wawasan dari laporan istilah penelusuran untuk mempertajam pemilihan kata kunci:
Kiat #1 : Jadikan istilah penelusuran yang memiliki lalu lintas tinggi sebagai kata kunci Anda. Istilah penelusuran yang muncul dalam laporan ini sudah menerima lalu lintas. Buat iklan khusus dengan strategi kata kunci tunggal untuk meningkatkan peluang Anda mencapai peringkat teratas untuk istilah pencarian khusus ini.
Tip #2 : Jika istilah pencarian yang terdaftar tidak relevan dengan produk atau layanan Anda, buatlah menjadi kata kunci negatif. Jika Anda beriklan dengan anggaran terbatas, memantau jumlah Anda dan fokus pada area di mana Anda melakukan yang terbaik akan terbayar. Ini akan membantu mencegah iklan Anda ditampilkan kepada pencari yang mencari sesuatu yang tidak Anda jual.
11.4. Gunakan laporan:
Anda harus menautkan akun Google Ads ke akun Analytics sehingga Anda dapat melihat data di laporan Google Ads. Selain itu, pastikan pemberian tag otomatis diaktifkan; Anda dapat melakukannya dalam proses penautan atau dengan menyiapkannya di setelan akun Google Ads Anda.
Dengan laporan Google Ads, Anda akan memiliki akses ke metrik kinerja pasca-klik untuk penelusur yang datang melalui iklan Anda ke situs web Anda, atau memasang aplikasi Anda. Laporan ini juga memberi Anda metrik penting dari Google (misalnya, Klik, Konversi) dan Analytics (misalnya, Rasio Pentalan). Mereka adalah wawasan berharga yang akan memberi tahu Anda strategi periklanan mana yang berhasil untuk Anda, dan strategi mana yang perlu ditingkatkan. Buka tautan ini untuk mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang Laporan Google Ads.
12. Kesimpulan:
Google Adwords adalah alat yang ampuh yang dapat membawa iklan online Anda ke tingkat berikutnya. Namun, Anda akan membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk menguasai cara menggunakan alat ini secara efektif. Saya harap panduan ini telah memberi Anda panduan yang baik tentang bagaimana Anda dapat menavigasi jalan Anda dalam perjalanan Google Adwords Anda.