Apa itu ROI dan Bagaimana Menghitungnya
Diterbitkan: 2019-11-15Apa satu istilah yang secara global bergema dengan semua orang, platform, dan bisnis, baik secara profesional maupun pribadi?
Ungkapan yang memberi Anda wawasan untuk memisahkan gandum dari sekam, yang baik dari yang buruk, dan yang benar dari yang salah.
Sebuah frase yang mendominasi alam bawah sadar Anda sedemikian rupa sehingga membuat Anda membuat keputusan paling sederhana setiap hari tanpa menyadarinya.
Haruskah saya mengambil jalan itu ke tempat kerja pada jam sibuk?
Haruskah saya menghabiskan banyak uang untuk menonton film baru yang baru saja keluar?
Haruskah saya menginvestasikan $20.000 dalam sebuah mobil bekas ketika saya dapat membeli yang baru seharga $25.000?
Anda mungkin bahkan menggunakan ideologi itu sebelum Anda mulai membaca blog ini. Apakah saya akan mendapatkan 'pengembalian' yang diinginkan dari blog ini jika saya 'berinvestasi' dalam 11 menit berikutnya untuk membacanya?
Omong-omong, jawaban atas pertanyaan itu adalah 'ya' , tetapi Anda dapat melihat ke mana kita akan pergi dengan ini.
Apa itu ROI?
Pengembalian investasi (ROI) adalah metrik yang digunakan bisnis di seluruh dunia untuk menghitung pengembalian yang dihasilkan dari investasi. Ini membantu mereka menganalisis efisiensi investasi dan memahami apakah keputusan di balik menginvestasikan uang itu tepat secara strategis.
Meskipun ada banyak variasi dalam menghitung ROI, yang paling sederhana, laba atas investasi dapat dihitung dengan mengambil selisih antara nilai investasi saat ini dan biaya investasi, dan membagi nilai tersebut dengan biaya investasi. investasi.
Namun, ROI tidak perlu (dan dapat) selalu diwakili oleh nilai numerik. Ambil contoh jam sibuk yang disebutkan di atas. 'Investasi' dan 'pengembalian' dalam skenario tersebut tidak dapat direpresentasikan dengan 'uang' ; mereka harus diwakili dan diukur dengan 'waktu'.
Di sisi lain, sementara investasinya adalah uang dan waktu untuk menonton film baru, pengembaliannya bukanlah kedua aspek itu. Ini adalah nilai yang akan Anda dapatkan setelah menonton film, yang tidak dapat direpresentasikan dalam bentuk angka.
Namun, secara umum, agensi cenderung mengaitkan ROI dengan nilai numerik karena ini adalah cara paling mudah untuk menguraikan efisiensi dan produktivitas dalam membuat keputusan.
Apa itu ROI yang Baik?
Definisi ROI yang baik untuk biro pemasaran dan periklanan adalah berinvestasi dalam sesuatu yang menghasilkan keuntungan baik secara instan atau di beberapa titik di masa mendatang.
Sementara aturan praktis menyatakan ' semakin tinggi angkanya, semakin baik ROI ,' tidak ada jawaban yang benar untuk angka mana yang baik dan mana yang buruk. Beberapa agensi mungkin sangat senang dengan ROI 10%, sementara yang lain bahkan mungkin tidak puas dengan angka yang lebih tinggi seperti 30%. Namun, memang benar bahwa agensi cenderung mengejar persentase ROI yang tinggi saat memberikan hasil.
Gagasan yang menentukan ROI yang baik untuk agensi bergantung pada beberapa faktor. Perusahaan cenderung membuat kesalahan saat menguraikan cara menghitung ROI karena mereka mungkin melewatkan faktor eksternal yang mencakup pajak, inflasi, waktu, dan biaya peluang.
Melacak faktor-faktor ini menjadi penting saat memperkirakan ROI, dan kombinasi dari itu, bersama dengan solusi label putih yang berharga, yang membuat agen pemasaran menghasilkan ROI sebesar 4,381% untuk salah satu klien mereka - Cafe Mexicana.
Pentingnya Mengetahui ROI
Bukankah lebih bagus jika ada cara Anda dapat membedakan antara strategi yang membawa agensi Anda menuju kejayaan dan strategi yang menguras uang?
Nah, ada kabar baik dan ada kabar buruk.
Kabar baiknya adalah mengetahui ROI untuk proyek tertentu memberi agensi ide yang akurat tentang strategi yang berhasil dan yang tidak.
Berita buruknya adalah tidak ada cara bagi Anda untuk mengetahuinya pada awal memulai bisnis.
Harus ada fase coba-coba di mana Anda mencoba berbagai strategi dan mengukurnya untuk pro dan kontra untuk mengetahui mana yang benar-benar bekerja dengan baik. Melakukan hal itu tidak hanya akan membantu agensi Anda berkembang dalam jangka panjang dengan berinvestasi pada proyek yang tepat, tetapi juga membantunya menghemat uang dengan menghilangkan proyek yang salah.
Mari kita lihat sebuah contoh.
Bayangkan Anda telah diberi $1.000 sebagai anggaran pemasaran dan tujuan Anda adalah meningkatkan jumlah prospek yang masuk untuk bisnis Anda melalui berbagai saluran pemasaran. Anda tahu bahwa logikanya sederhana — lebih banyak pemasaran, lebih banyak prospek, semakin banyak peluang untuk mendatangkan mitra.
Namun, yang tidak Anda yakini adalah saluran promosi yang paling efisien dalam hal pengeluaran lebih sedikit dan menghasilkan lebih banyak prospek. Apakah iklan Facebook cara untuk pergi? Atau apakah pemasaran email merupakan metode yang lebih disukai? Apa pekerjaanmu?
Di sinilah menjadi sedikit rumit. Pentingnya mengetahui ROI hanya bermanfaat jika ada pertaruhan awal yang terlibat. Dalam skenario ini, taruhannya adalah menginvestasikan sebagian dari $1.000 di Facebook dan pemasaran email untuk melihat saluran mana yang memberikan lebih banyak prospek.
Mengambil inspirasi dari buku taktik Dennis Yu, katakanlah Anda memutuskan untuk menggunakan drama berjudul 'Dollar a Day.' Anda menginvestasikan jumlah minimum dasar yang sama yang diizinkan di kedua saluran dan memulai upaya pemasaran Anda. Anda menunggu beberapa saat dan mengukur pengembalian dari kedua investasi tersebut.
Bergantung pada strategi mana yang memberi Anda ROI yang lebih baik dengan menghasilkan lebih banyak prospek, Anda sekarang tahu di mana Anda harus menginvestasikan sisa anggaran pemasaran Anda untuk mendapatkan hasil maksimal.
Namun, strategi pemasaran bergantung pada banyak faktor yang berbeda. Hasil yang Anda dapatkan sekali hanyalah representasi terbaik dari hasil yang paling mungkin. Mungkin ada contoh lain di mana saluran yang berbeda mungkin memberikan hasil yang berbeda. Oleh karena itu, selalu disarankan agar hasilnya dirata-ratakan dari waktu ke waktu untuk menentukan strategi mana yang paling berhasil.
Kesulitan Menghitung ROI
Dalam hal meningkatkan ROI, ada beberapa cara,—filosofi 5R adalah salah satunya—namun banyak agensi merasa semakin sulit untuk mengukur dan menghitung ROI.
Selain melacak istilah keuangan yang rumit seperti nilai seumur hidup pelanggan (LTV), biaya akuisisi pelanggan (CAC), pendapatan berulang bulanan (MRR), dan pendapatan rata-rata per akun (ARPA), agensi juga harus berjuang dengan persamaan pelacakan dan perhitungan yang rumit.
Selain itu, proses penghitungan ROI bisa sangat melelahkan karena melibatkan banyak variabel dan konsolidasi data, yang dapat memakan banyak korban.
Akhirnya, ada kesulitan mengetahui berbagai cara menghitung ROI. Dari rumus dasar yang hanya memasukkan total biaya investasi dan nilai investasi saat ini, hingga metode yang lebih kompleks yang melibatkan mengetahui LTV, CAC, dan total pendapatan pelanggan.
Andai saja ada alat kalkulator ROI yang dirancang khusus dan dapat disesuaikan yang dapat mengurangi berjam-jam perhitungan yang menegangkan menjadi hanya beberapa menit kesenangan spreadsheet.
Cara Menghitung ROI
Seperti disebutkan sebelumnya, kesulitan dalam menghitung ROI terletak pada konsolidasi data dan pelacakan istilah keuangan yang rumit. Dengan menggunakan kalkulator ROI Vendasta, agensi dapat mengurangi titik kesulitan tersebut dan menghitung ROI secara efisien dan produktif.
Berikut adalah beberapa pendekatan berbeda yang digunakan untuk menghitung laba atas investasi.
Perhitungan ROI Dasar
Seperti namanya, pendekatan dasar melibatkan penentuan ROI dengan mempertimbangkan biaya dasar investasi dan nilai yang dihasilkan investasi.
Misalnya, Anda menghabiskan $250 untuk membeli saham di sebuah perusahaan. Setahun kemudian, Anda menjual saham itu seharga $300. Dalam hal ini, perhitungan laba atas investasi dasar Anda adalah:
Biaya investasi = $250
Nilai Investasi Saat Ini = $300
ROI = ($300 - $250) / $250 x 100% = 20%
Perhitungan ROI Capital Gain
Perhitungan ROI capital gain bekerja pada jalur yang sama dengan pendekatan dasar. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa dalam pendekatan capital gain, investor harus memasukkan semua manfaat tambahan yang mungkin mereka terima selama jendela investasi.
Sebagai contoh, katakanlah selama periode satu tahun ketika Anda memiliki saham yang dibeli, perusahaan membayar dividen masing-masing sebesar $12, $34, $15, dan $17 dalam empat kuartal.
Oleh karena itu, dalam hal ini, perhitungan ROI akan menjadi:
Biaya investasi = $250
Nilai Investasi Saat Ini = $300
Manfaat ekstra (dividen total) = $12 + $34 + $15 + $17 = $78

ROI = ($300 + $78 - $250) / $250 x 100% = 51,2%
Perhitungan ROI Pemasaran
Bagian yang sulit dalam menghitung ROI pemasaran adalah menggambarkan dan menghitung berbagai biaya yang terkait dengan semua upaya pemasaran Anda.
Jika Anda salah satu penyihir yang dapat mengingat semua kategori berbeda dan biaya terkait dari trilyun proyek pemasaran yang dilakukan agensi Anda, maka Anda adalah salah satu dari sedikit manusia super yang ada di bumi yang tidak membutuhkan bantuan.
Namun, jika Anda tidak termasuk dalam segmen itu dan merasa bahwa template yang menangani berjam-jam konsolidasi dan perhitungan akan memberi Anda nilai, maka ini adalah alat yang Anda butuhkan.
ROI pemasaran berkorelasi langsung dengan jumlah pelanggan yang dibawa oleh kampanye. Misalnya, mari kita asumsikan bahwa agensi Anda menjalankan lima strategi berbeda — pemasaran media sosial, pemasaran email, pemasaran keluar, pemasaran SEO, dan pemasaran masuk — dan secara kolektif strategi tersebut mengarah untuk akuisisi 200 pelanggan.
Selanjutnya, mari kita asumsikan perincian pengeluaran pemasaran Anda adalah sebagai berikut:
Media Sosial = $5.000
Email = $6.000
Keluar = $10,000
SEO = $2.000
Masuk = $8,000
Oleh karena itu, total biaya pemasaran adalah = 5.000 + 6.000 + 10.000 + 2.000 + 8.000 = $31.000
Sekarang, setelah menghitung LTV pelanggan Anda, Anda menemukan nilai itu menjadi $800 dan, berdasarkan jumlah pelanggan yang Anda peroleh dengan kampanye pemasaran Anda, total pendapatan menjadi:
Total pendapatan = 200 x $800 = $160,000
Oleh karena itu, ROI pemasaran Anda dalam hal ini adalah:
ROI = ($160.000 - $31.000) / $31.000 x 100% = 416%
Perhitungan ROI LTV Pelanggan
Ketika menghitung ROI berdasarkan nilai yang dibawa oleh pelanggan individu ke perusahaan, banyak faktor terkait yang perlu dihitung dan dipertimbangkan juga.
Misalnya, selain mengambil angka pemasaran yang disebutkan dalam contoh sebelumnya, mari kita asumsikan bahwa total biaya penjualan (termasuk gaji dan komisi) untuk biro iklan Anda adalah $66.000
Oleh karena itu, dengan jumlah total pelanggan yang diakuisisi menjadi 200, total biaya akuisisi pelanggan menjadi:
CAC = Total biaya pemasaran + total biaya penjualan / total pelanggan yang diperoleh
CAC = $31.000 + $66.000 / 200 = $485
Sementara aturan praktis menyarankan bahwa rasio LTV: CAC pelanggan yang optimal harus 3:1, dalam hal menghitung ROI, tidak ada jawaban yang benar atau salah. Nilai yang diinginkan untuk ROI bervariasi dari agensi ke agensi dan tujuan serta target yang mereka tetapkan untuk dicapai di awal.
Dalam hal ini, perhitungan ROI akan menjadi:
CAC = $485
LTV Pelanggan = $800
ROI = ($800 - $485) / $485 x 100% = 64,94%
Perhitungan ROI Konversi Prospek
Salah satu metrik paling penting untuk mengukur ROI adalah jumlah prospek yang dihasilkan oleh kampanye pemasaran agensi. Seperti yang dinyatakan logika, lebih banyak prospek berarti ROI yang lebih baik.
Namun, dalam skenario seperti itu, menjadi penting bahwa lembaga juga menghitung ROI dari perspektif investasi. Membawa lebih banyak prospek dengan membelanjakan lebih banyak itu bagus, tetapi agar agensi dapat mempertahankan diri mereka sendiri, mereka harus belajar menguasai taktik menghabiskan lebih sedikit dan menghasilkan lebih banyak.
Salah satu cara mereka melakukannya adalah dengan melihat total investasi pemasaran dan membandingkannya dengan total pendapatan yang dihasilkan, yang dapat dihitung dengan mengetahui LTV pelanggan.
Melihat contoh kami sebelumnya di mana kami harus memilih antara pemasaran email dan iklan Facebook, mari kita asumsikan bahwa kedua strategi secara kolektif menghasilkan total 6.000 pengunjung ke platform bisnis kami dalam periode tertentu.
Berdasarkan analisis data historis, kami juga menemukan bahwa, rata-rata, sekitar 30% dari total pengunjung di platform kami dikonversi menjadi prospek yang memenuhi syarat. Lebih lanjut, kami juga telah menguraikan bahwa sekitar 11% dari prospek yang dikonversi tersebut ditutup dan diterima.
Seperti sebelumnya, dengan menggunakan kalkulator LTV pelanggan, kami dapat mengetahui bahwa nilai yang diberikan setiap pelanggan ke bisnis kami selama masa hidup mereka adalah $800. Dan terakhir, dengan melacak pengeluaran kampanye kami di email dan Facebook, kami menghitung bahwa total pengeluaran pemasaran untuk bisnis kami dalam periode yang ditentukan adalah $104,000.
Mengambil angka-angka ini, perhitungan untuk ROI akan menjadi:
Jumlah pengunjung = 6.000
Total klien yang dibawa ke pesawat = 198
LTV Pelanggan = $800
Total pendapatan = $158.400
Total investasi pemasaran = $104,000
ROI = ($158.400 - $104.000) / $104.000 x 100% = 52,31%
Perhitungan ROI Laba Kotor
Sementara sebagian besar perusahaan perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) menghitung ROI mereka menggunakan salah satu metode yang disebutkan di atas, mungkin ada beberapa yang menggunakan metode laba kotor.
Metode ini melibatkan analisis metrik harga pokok penjualan (COGS), bersama dengan biaya variabel lain yang dikeluarkan oleh agensi. Berdasarkan jumlah produk/unit yang mereka jual, agensi dapat menghitung ROI yang dihasilkan dari sebuah proyek dan mengelola biayanya sesuai dengan itu.
Sebagai contoh, mari kita asumsikan bahwa COGS per unit untuk sebuah perusahaan adalah sekitar $100, harga jual per unit adalah $200, jumlah unit yang terjual dalam periode tertentu adalah 500, dan total biaya variabel berjumlah $8.000.
Dengan menggunakan nilai-nilai ini, perhitungan ROI menggunakan metode laba kotor adalah:
Total COGS = $100 x 500 = $50,000
Total pendapatan = $200 x 500 = $100.000
Laba kotor = ($100.000) - ($50.000 + $8.000) = $42.000
ROI = ($42.000) / ($50.000 + $8.000) x 100% = 72,41%
Cara Meningkatkan ROI
Setelah Anda menghitung ROI dan menganalisis strategi yang bekerja dengan baik, langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh agensi adalah 'menginvestasikan' waktu dan uang dengan cara meningkatkan ROI mereka.
Seiring dengan memanfaatkan solusi label putih berharga yang mengurangi biaya, agensi juga harus memasukkan cara lain untuk meningkatkan ROI. Saat mencari kemenangan cepat, mereka harus menganalisis dan mengintrospeksi pengembalian yang dihasilkan dari strategi investasi yang ada dan merencanakan jalan ke depan.
Mungkin iklan Facebook lebih baik karena relatif lebih akurat dalam hal menargetkan jenis demografis yang tepat.
Atau, mungkin pemasaran email adalah cara untuk maju karena memberikan ROI yang lebih baik jika dibandingkan dengan jumlah uang yang diinvestasikan.
Untuk melakukannya, agensi harus menerapkan filosofi 5R yang berfokus pada penargetan orang yang tepat dengan menjalankan taktik dan strategi yang tepat dengan memiliki alat yang tepat dan tim yang tepat.
Melihat 5R secara individu dan kolektif, agensi harus menemukan kombinasi terbaik yang mengarahkan mereka untuk meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya, dan pada akhirnya meningkatkan ROI mereka.
Bagaimana Vendasta Dapat Membantu Anda?
Solusi label putih Vendasta, bersama dengan produk pasarnya, dapat membantu biro iklan Anda meningkatkan ROI dengan mengurangi biaya atau dengan mengurangi churn pelanggan yang meningkatkan pendapatan.
Produk seperti manajemen reputasi, pembuat daftar, kecerdasan periklanan, dan pemasaran sosial tidak hanya dapat membantu bisnis Anda mempertahankan dirinya sendiri, tetapi juga memenangkan persaingan.
Kalkulator ROI dapat membantu agensi menghemat waktu dalam menangani penghitungan ROI yang rumit tersebut dan juga memberikan wawasan berharga tentang strategi yang dapat mengurangi pengeluaran bisnis.
Misalnya, melihat kalkulator ROI pemasaran, Anda menyadari bahwa Anda dapat membelanjakan lebih banyak untuk pemasaran media sosial karena akan menghasilkan akuisisi lebih banyak pelanggan, sehingga menghasilkan ROI yang lebih baik.
Atau mungkin Anda menyadari bahwa Anda telah memaksimalkan biaya iklan dan sekarang harus mencari sumber alternatif yang memberi Anda solusi bernilai untuk uang.
Dalam hal mengurangi churn pelanggan, selalu ada tantangan dalam mengelola reputasi bisnis Anda, tidak hanya tepat waktu, tetapi juga dengan cara yang efisien. Mungkin bisnis Anda membutuhkan solusi yang secara efektif menangani ulasan dan meningkatkan reputasi Anda.
Kesimpulannya, melihat berbagai cara di mana ROI dapat dihitung dan diukur, setiap produk Vendasta memiliki potensi untuk meningkatkan bisnis Anda dan meningkatkan ekuitas mereknya.